1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Industri Kreatif, Opsi Usaha Menjanjikan di Indonesia

Industri Kreatif, Opsi Usaha Menjanjikan di Indonesia

14 Februari 2017

Industri kreatif kini menjelma menjadi sektor ekonomi yang semakin gemilang. Lalu, faktor pendorong dan tips apa sajakah yang membuat industri ini maju?

industri kreatif

Memasuki era digital, peluang industri kreatif seakan menemukan titik cerah. Besarnya perhatian masyarakat akan sesuatu yang berbeda, unik dan menarik, tentunya menjadi segmentasi tersendiri. Konsep industri kreatif sendiri merupakan sebuah usaha baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia sebagai faktor utama penggerak utama perekonomiannya. Lebih singkatnya, usaha ini menekankan pada kreativitas, ide, inovasi, dari Sumber Daya Manusia dalam menyajikan produk dalam negeri dan dapat membuka pasar persaingan produk yang inovatif dan dapat bersaing di kancah internasional.

Lalu, bagaimana industri kreatif dapat berjalan dan menguntungkan untuk para pemain baru? Komponen apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam rangka membangun usaha berbasis kreativitas ini?

Industri Kreatif, Opsi Usaha Menjanjikan

Saluran dari industri kreatif ini memiliki banyak jenisnya. Tak hanya berfokus pada kerajinan tangan, namun lebih luas merambah mulai dari arsitektur, periklanan, seni, desain, fashion, film, musik, fotografi, gadget, software, games, dan lainnya yang menyangkut kreativitas. Hal ini menandakan bahwa industri ini tak terfokus pada satu jenis usaha saja, namun memiliki peluang yang cukup besar dengan jenis usaha yang luas. 

Pada kurun waktu dua tahun lalu, perekonomian kreatif telah memberikan sumbangan  kurang lebih 7 persen dari pertumbuhan domestik bruto (PDB) Indonesia. Angka ini seakan menjadi pertanda bahwa industri kreatif siap menjadi kekuatan baru dalam pembangunan perekonomian nasional, mengingat pertumbuhan berbasis kreativitas dan inovasi dengan basis pengetahuan dan teknologi kini semakin meningkat.

Tak hanya itu, dengan spesifikasi bisnis yang unik dan banyak dibutuhkan, industri kreatif dapat memberikan keuntungan tersendiri. Misalnya saja pada bidang tekstil, seperti usaha batik, pada bidang makanan minuman dengan beraneka macam jenis makanan yang kini semakin menarik, usaha desain atau animasi yang kini semakin berkembang, serta jenis usaha kreatif lainnya. 

Trik Jitu Menangkan Pasar dengan Industri Kreatif.

Dapat dikatakan bahwa kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan industri yang semakin berkembang saat ini tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Agar usaha kreatif yang nantinya Anda dirikan dapat unggul di pasar, ada beberapa tips yang mungkin bisa diimplementasikan.

Sebagai pelaku industri kreatif, memiliki wawasan yang luas untuk menciptakan ide-ide segar untuk mengembangkan kreasi produk yang akan ditawarkan adalah wajib hukumnya. Karena itu, terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki adalah trik yang pertama. Hal ini bisa Anda dapatkan dari membaca buku, menghadiri seminar entrepreneurship, bertemu dengan orang-orang baru untuk berbagi ilmu dan bertukar ide juga bisa Anda lakukan. 

Selalu jeli dalam membidik target dan segmen pasar yang benar-benar potensial. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi Anda dalam menentukan jenis produk, desainnya, strategi pemasaran, harga, pelayanan yang akan dilakukan, serta rencana pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif, hingga akhirnya konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Sebagai salah satu contohnya adalah bisnis batik tulis yang kini mulai digemari. Untuk memasuki pangsa pasar anak muda yang agak sensitif terhadap harga, memperkenalkan batik tulis tidak bisa dilakukan hanya dengan mengajarkan filosofis dasar dari motifnya, tapi perlu untuk melakukan pendekatan kreatif lainnya. 

Tak hanya berfokus pada pasar, Anda pun perlu untuk menentukan perencanaan keuangan untuk perlindungan usaha Anda. Salah satunya dengan asuransi Zurich Business Guard yang merupakan asuransi komprehensif untuk beragam jenis usaha dengan nilai pertanggungan senilai maksimal Rp 20 milyar. Terdiri dari 3 jenis pilihan jaminan dengan premi yang beragam yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Zurich Business Guard dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap aset bisnis (isi bangunan, bangunan, hingga persediaan) dari beragam risiko. Bahkan, perlindungan juga dapat diperluas dengan perlindungan terhadap tanggung jawab hukum dan beragam manfaat tambahan lainnya, sehingga para pebisnis dapat melakukan usaha mereka dengan tenang. Temukan perlindungan terbaik untuk usaha Anda di sini.

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180