1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Bukan Cuma yang Besar Tiny House Kini Juga Jadi Rumah Impian

Bukan Cuma yang Besar, Tiny House Kini Juga Jadi Rumah Impian

12 Juni 2017

Tiny house, sebuah rumah impian dan cara hidup ekonomis.

bukan-cuma-besar-banner

Pernahkah Anda membayangkan tinggal dalam sebuah rumah yang kecil dan hanya terdiri dari beberapa ruangan? Mungkin, hunian kecil seperti ini bukanlah rumah impian Anda. Namun, bagaimana jika Anda melirik sebuah tren perumahan terbaru yakni tiny house? Bisa jadi, Anda akan berubah pikiran mengenai rumah impian Anda. 

Ukuran tidak selalu menjadi ukuran keindahan dari rumah impian. Rumah kecil atau yang akrab disebut tiny house kini menjadi sebuah tren di dunia. Keberadaan rumah yang berukuran antara 100-400 kaki persegi ini bukan hanya menghadirkan kesederhanaan, namun juga berbagai keuntungan lainnya. Lalu, apakah kelebihan dari tiny house ini?

 1. Serba Minim
 
Dengan harga tanah yang semakin melonjak, memiliki tiny house dapat menjadi pilihan Anda. Ukuran yang lebih kecil, bahan baku, dan biaya pembelian tanah yang tidak memakan biaya besar, sudah pasti Anda dapat meminimalisasi pengeluaran untuk mewujudkan rumah impian. Kadang, perlengkapan yang digunakan untuk pembangunan rumah impian ini pun dapat Anda gunakan dari bahan-bahan daur ulang seperti besi dan kayu. Jadi lebih ekonomis, bukan?
 
Di Amerika, menempati sebuah tiny house bukan hanya menarik karena keunikan arsitektur yang dimilikinya. Namun, tiny house sendiri juga merupakan sebuah gerakan sosial yang mengedepankan kehidupan sederhana di rumah berukuran kecil. Bentuk dan ukuran yang digunakan pun bukan tanpa alasan. Sebuah fenomena sweeping yang dialami penduduk di Amerika Serikat membuat para warga berusaha menemukan sebuah inovasi tempat tinggal yang mengeluarkan sedikit biaya. Hingga akhirnya, kebutuhan akan hunian yang lebih minim dari segi biaya pun hadir sebagai tren yang diminati di berbagai belahan dunia, bahkan di Indonesia.

 

2. Kecil-kecil Berisi

Ukurannya yang kecil bukan berarti Anda tidak punya rumah dengan fungsi yang sempurna. Dengan desain yang tepat, Anda pun bisa menyempurnakan fungsi rumah ini dengan kamar, kamar mandi, dapur, ruang baca, bahkan ruang keluarga yang nyaman. Justru, ukurannya menjadi kelebihan, sebab Anda tidak perlu kebingungan menentukan fungsi ruangan dan berusaha membuat segalanya menjadi multifungsi. 

Kebanyakan tiny house biasanya tidak memberikan sekat antar ruangan. Sebab, hal tersebut akan membuat ruangan yang kecil akan terasa makin sempit. Ruang yang digunakan sebagai dapur, ruang tamu, ruang baca, maupun ruangan yang lebih umum sejenisnya dibuat menjadi satu ruangan. Sementara itu, ruangan yang membutuhkan privasi seperti kamar tidur dan kamar mandi dipisah. Seringkali, kamar tidur diletakkan jauh dari pandangan, yakni dibuat lebih tinggi dari ruangan lainnya. Tidak perlu khawatir ruangan kecil akan membuat Anda kesulitan. Penataan tiny house sebagai rumah idaman yang tepat akan membuatnya dapat digunakan selayaknya rumah berukuran normal. 



3. Minimalis bisa, Klasik Juga Bisa

Kecil bentuknya, bukan berarti Anda akan terbatas dalam berkreasi dengan desain. Telah banyak inspirasi dalam menata rumah impian yang berukuran kecil ini. Bahkan, ketenaran tren rumah impian yang satu ini memberikan kesempatan Anda untuk dapat bergabung dan berbagi dengan komunitas dari berbagai belahan dunia. Tentunya, untuk berdiskusi dan berbagi informasi mengenai desain, pembangunan, dan perawatan dari tiny house, si rumah impian yang mungil.

Mulai dari desain minimalis yang memberi kesan ruang yang luas hingga sentuhan klasik yang menghangatkan suasana dapat Anda hadirkan di rumah kecil ini. Tujuan keberadaannya sebagai rumah yang menghemat energi juga terlihat dari banyaknya tiny house dengan tampilan seperti rumah pohon. Anda pun akan merasakan kehidupan yang lebih terasa “kembali ke alam”.

Satu hal yang masih menjadi kontroversi dari rumah impian yang satu ini adalah dalam faktor keamanannya. Karena terus berkutat dalam masalah desain dan fungsi, sering kali para pembuat tiny house mengabaikan keamanan. Untuk mengatasinya, penting bagi Anda untuk menyiapkan perlindungan bagi rumah impian tersebut, seperti Asuransi Kebakaran dari Zurich yang akan memberikan ganti rugi jika harta benda yang Anda asuransikan rusak atau musnah akibat kebakaran atau penyebab lainnya. Temukan informasi lengkap mengenai Asuransi Kebakaran dari Zurich di sini.

 

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180