1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Kembalikan Motivasi Diri

Kembalikan Motivasi Diri dengan 5 Kebiasaan di Pagi Hari

09 Juni 2017

Mengembalikan motivasi diri dapat dilakukan dengan memulai 5 kebiasaan di pagi hari ini.

banner

Dimulai dari rasa malas yang datang hingga kecepatan melakukan pekerjaan yang semakin melambat, kehilangan motivasi diri sering menjangkiti para pekerja. Akibatnya, pekerjaan yang dilakukan sering dirasa tidak maksimal, bahkan sama sekali tidak selesai. Mungkin, untuk sesaat terpikir oleh Anda untuk berhenti bekerja. Tidak perlu mengambil keputusan sejauh itu, sebab motivasi diri ternyata dapat dikembalikan dengan mulai melakukan beberapa kebiasaan baik di pagi hari.

Merapikan tempat tidur

Mungkin, langkah ini terdengar sepele bagi sebagian orang dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan motivasi diri. Namun, kebiasaan yang sering dilewatkan ini ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan bagi semangat dan juga motivasi diri. Saat bangun dan merapikan tempat tidur Anda akan merasa telah menyelesaikan sebuah misi. Hal ini berdampak positif terhadap psikologis Anda, sebab perasaan puas dan percaya diri akan pekerjaan yang selesai akan memicu Anda untuk melakukan pekerjaan lainnya. Sehingga Anda pun tergerak untuk melakukan lebih banyak hal sepanjang hari. 

 

Membuat to-do list

Tak ubahnya dengan tempat tidur, keberadaan catatan kegiatan atau yang sering dikenal dengan to-do-list juga dapat menambah motivasi diri dalam bekerja. Saat membuat to-do-list di pagi hari, tugas yang perlu dilakukan untuk sepanjang hari akan terlihat dengan jelas. Tidak perlu lagi merasa memiliki pekerjaan menumpuk. Dengan mencatatnya dengan jelas, porsi pekerjaan dapat terlihat jelas dan Anda pun mampu menemukan strategi yang tepat.

Melakukan olahraga

Untuk mendapatkan kehidupan yang postitif dalam segala aspek, kegiatan olahraga selalu dianjurkan. Hal ini juga termasuk kehidupan pekerjaan agar Anda tidak kehilangan motiasi diri dalam bekerja. Sebuah survey pada tahun 2015 yang dikutip dari Inc menunjukkan bahwa kesehatan adalah salah satu faktor yang memperngaruhi motivasi diri pada pekerja. Pekerjaan yang banyak mungkin membuat Anda menyepelekan waktu istirahat dan juga kebugaran tubuh. Sayangnya, pilihan mengesampingkan kebugaran kurang tepat dan justru akan membuat Anda kehilangan motivasi diri. 
Dengan bergeraknya tubuh saat berolahraga, aliran darah ke otak akan lebih lancar. Sehingga, kemampuan berpikir dan fokus pun akan menjadi lebih baik. Tubuh yang senantiasa mudah bergerak pun ikut andil dalam memberikan motivasi diri untuk menyelesaikan pekerjaan, sebab terbiasa berolahraga akan membuat Anda tidak lagi merasa mudah kelelahan saat bekerja. 

Menjaga asupan sarapan

Tidak hanya enak di mulut, sarapan juga bermanfaat bagi motivasi diri. Salah satu alasannya adalah karena secara biologis, tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan pekerjaan di hari itu. Selain itu, kandungan di dalamnya juga berperan penting untuk menyalakan motivasi diri.

Seperti ikan tuna yang mengandung 69% vitamin B. Menurut sebuah penelitian dari Jepang, rendahnya asupan vitamin B6 ini akan membuat seseorang merasa depresi dan tentu saja berujung pada kehilangan motivasi diri saat bekerja. Seperti halnya tuna, konsumsi bayam sebagai menu sarapan di pagi hari juga membangkitkan motivasi diri menurut sebuah penelitian dari Harvard Medical School. Tumbuhan hijau seperti bayam memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik Anda. Jadi, masih punya alasan untuk melewatkan sarapan pagi?

Beri penghargaan

Selain perencanaan kegiatan, salah satu kebiasaan baik yang dapat memberikan motivasi diri di pagi hari adalah dengan menyiapkan rencana pemberian reward atau hadiah yang akan didapat saat menyelesaikan misi nanti. Siapa yang akan memberikan hadiah tersebut? Tentu saja diri Anda sendiri.

Mulailah membuat rencana kecil seperti memberikan semangkuk dessert jika Anda dapat menyelesaikan pekerjaan hari ini. Bisa juga membuat yang besar, seperti memberikan diri sendiri kesempatan liburan di akhir pekan jika berhasil memperoleh hasil yang diinginkan dari proyek yang sedang dijalankan. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa keberadaan reward akan membuat kita menjadi lebih termotivasi bekerja.

Selain mempersiapkan hari ini agar tetap termotivasi, penting juga bagi Anda untuk mempersiapkan masa depan. Salah satu caranya adalah melalui Zurich Pro-fit 8. Dengan manfaat ganda yakni pengembalian dana yang dijamin dan hasil investasi yang potensial, masa depan yang lebih baik bukan lagi cita-cita. Wujudkan sekarang di sini.  

 

 

 

 

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180