1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. 4 Cara Perencanaan Keuangan yang Tepat Bagi Keluarga Muda

4 Cara Perencanaan Keuangan yang Tepat Bagi Keluarga Muda

01 Agustus 2017

Memiliki keluarga baru memang sangat membahagiakan. Namun, perlu diperhatikan juga memilih perencanaan keuangan tepat sebagai salah satu jaminan hidup.

Banner

Memiliki keluarga baru memang menjadi sebuah kebahagiaan dan saat itu pula sejatinya kita sedang membangun mimpi-mimpi bersama pasangan. Namun, jangan terlalu lama terlarut dalam euforianya. Karena, ketika Anda memasuki dunia pernikahan, banyak hal yang harus dipikirkan bersama, salah satunya adalah mengatur keuangan yang memang tak mudah. Mengelola keuangan saat lajang dan menikah sangatlah berbeda. Hal itu lah yang membuat banyak pasangan baru akan merasa bingung ketika berbicara dan mengatur keuangan pasca pernikahan. Sebab setelah menikah, banyak perubahan yang terjadi tak hanya pada pola pikir, tapi juga prioritas. Segeralah susun langkah selanjutnya, salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan. Lalu, bagaimana mengatur keuangan yang tepat?

Tentukan Pola Perencanaan Keuangan
Jika sebelum menikah Anda memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah Anda akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan bersama pasangan mengenai perencanaan keuangan tersebut, mulai dari berapa pemasukan serta pengeluaran bersama dalam satu bulan dan juga pola atau pembagian pengeluarannya. Misalnya, gaji suami akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan, sedangkan keuangan istri digunakan untuk membiayai hal yang sifatnya sekunder atau sebagai pelengkap.

Pengaturan ini sangat penting untuk dilakukan dalam merencanakan masa depan yang sejahtera. Selain untuk mengetahui arus pengeluaran, juga untuk menghindari perselisihan atau kesalahan persepsi dalam hal pembagian tugas dalam membiayai pengeluaran keluarga.

Menentukan Skala Prioritas
Bagi pasangan baru, perencanaan keuangan yang satu ini termasuk poin penting yang harus dilakukan, kebutuhan manakah yang harus Anda penuhi terlebih dulu. Karena ketika sudah berkeluarga, kebutuhan akan menjadi berlipat ganda. Demikian dengan pengeluaran akan semakin bertambah jika dibandingkan dulu saat masih lajang.  Oleh karena itu, diskusikan bersama pasangan, kebutuhan manakah yang akan menjadi prioritas. Sejatinya, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan, yakni rumah tinggal, pendidikan anak, baru kemudian mencukupi gaya hidup yang lainnya.

Menabung dan Berinvestasi
Pada dasarnya, membuat perencanaan tidak hanya terbatas pada masalah atau cara mengalokasikan uang, pendapatan, atau pengeluaran semata. Namun yang tak kalah penting yang harus bisa Anda lakukan adalah bagaimana bisa menginvestasikan uang tersebut dengan baik. Dalam hal ini, investasi bukan hanya sekadar aktivitas menabung dan menyimpan uang saja, tetapi investasi adalah cara untuk melakukan perhitungan dan pengalokasian dana, sehingga memiliki nilai lebih menguntungkan di masa depan. Oleh karena itu, sisihkan minimal 10 % dari penghasilan yang bisa Anda alokasikan sebagai perencanaan keuangan untuk investasi jangka panjang. 

Evaluasi Kebutuhan Proteksi
Bagi pasangan muda, jadikan asuransi sebagai salah satu poin penting yang perlu dimasukkan ke dalam perencanaan keuangan. Langkah ini dapat dikatakan sebagai bentuk proteksi masa depan bagi Anda dan juga keluarga. Dimana segala keuangan sudah teralokasikan, sehingga Anda tak perlu mengutak-atik tabungan, karena pihak asuransi telah menjamin dan memproteksi semua. 

Salah satu bentuk perencanaan keuangan dalam bentuk proteksi yang bisa Anda gunakan adalah Prestigio dari Zurich. Sebuah perencanaan keuangan komprehensif yang mampu memberikan perlindungan menyeluruh dari segala risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari, sekaligus memberikan kenyamanan untuk mencapai berbagai keinginan yang ingin Anda dan keluarga raih di masa depan. Memiliki double manfaat, Prestigio memberikan perlindungan jiwa sampai dengan tertanggung berusia 100 tahun sekaligus kesempatan berinvestasi. Dengan manfaat tersebut menjadikan Prestigio layak untuk Anda masukkan sebagai salah satu perencanaan keuangan Anda dan keluarga. 

Aturlah perencanaan keuangan Anda sedini mungkin agar perjalanan kehidupan berkeluarga menjadi lebih terencana. Hal terpenting dari seni mengaturnya adalah buat segalanya terstruktur dengan tetap mengedepankan kenyamanan dan kepentingan keluarga itu sendiri, serta pilihlah lembaga keuangan yang dapat menjamin masa depan Anda dengan lebih aman di sini..
 

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180