1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Langkah Tepat Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Langkah Tepat Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

01 Agustus 2017

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa tua yang nyaman. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini

banner article

Saat muda fokuslah untuk membangun aset, dan saat tua, biarlah dana pensiun Anda yang memenuhi segala kebutuhan. Bisa dibilang pensiun adalah fase terakhir dalam hidup, dimana Anda bisa menikmati segala usaha yang telah Anda lakukan sewaktu muda dan menjadi salah satu tujuan finansial akhir. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kenyamanan tersebut perlu untuk merencanakan dana pensiun agar saat tua nanti bisa tetap memenuhi kebutuhan layaknya hidup di masa produktif.

Atur Anggaran Dana Pensiun Sedari Dini
Banyak orang berpendapat bahwa hitung dulu segala kebutuhan, lalu sisihkan sisanya untuk ditabung sebagai. Tak ada salahnya untuk menerapkan sistem tersebut. Namun alangkah baiknya jika menyisihkan 10% pendapatan Anda untuk tabungan terlebih dahulu, lalu jadikan sisanya untuk memenuhi kebutuhan. Sistem seperti ini berguna agar Anda tak melakukan pembelanjaan di luar pengeluaran rutin.

Hapus Segala Hutang
Hutang merupakan prioritas utama yang perlu dihapuskan sebelum memasuki masa pensiun, seperti misalnya hutang KPR atau mungkin pinjaman lainnya. Cobalah untuk menghapus hutang yang memiliki bunga paling tinggi untuk mencegah beban bunga yang terlalu besar. Selain meringankan beban keuangan Anda di kemudian hari, juga dapat menjadi motivasi untuk menghapus hutang yang lain, serta menjadikan Anda lebih fokus untuk merencanakan keuangan untuk dana pensiun. Hindarilah melunasi hutang dengan meminjam uang karena hanya akan menimbulkan beban pengeluaran yang baru. 

Investasi
Investasi bisa menjadi pilihan dalam merencanakan dana pensiun. Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Pilihlah investasi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda baik dalam hal modal hingga keamanan. Sebelum mulai untuk menginvestasikan harta Anda, cobalah untuk berkonsultasi dengan pakarnya untuk mengetahui karakteristik Anda dengan jenis produk investasi yang cocok.

Variasikan Simpanan
Jika investasi sudah Anda lakukan sebagai langkah untuk mempersiapkan masa tua Anda, cobalah untuk membuat diversifikasi investasi. Strategi ini bermaksud untuk menginvestasikan sisa pendapatan dalam bentuk produk finansial yang bervariasi. Tujuannya adalah ketika nantinya ada salah satu investasi yang stagnan, Anda dapat tetap bisa mengandalkan investasi yang lainnya. Cara ini dipandang sebagai cara yang tepat untuk membagi risiko. Dengan begitu, hal ini akan membantu simpanan uang untuk dana pensiun Anda tumbuh seiring berjalannya waktu. Jadi, cobalah untuk memisahkan uang Anda dalam beberapa investasi, seperti reksa dana, tabungan, deposito, dan juga asuransi.

Mempersiapkan Program Dana Pensiun Sejak Dini
Cepat atau lambat setiap orang akan mengalami masa pensiun, di mana produksi kerja akan mengalami penurunan. Oleh sebab itu, mempersiapkan segala keperluan untuk menghadapi masa pensiun sejak muda adalah langkah terbaik. Banyak hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun agar masa tua nanti terasa aman, seperti sejumlah dana atau proteksi lainnya.

Bentuk perencanaan dana pensiun yang bisa Anda pilih adalah Zurich Protection & Benefit 8 atau yang disingkat Zurich Pro-Fit 8, sebuah produk dwiguna (endowment) yang menyediakan manfaat ganda, yaitu manfaat pegembalian dana yang dijamin (guaranteed cash back) dan hasil investasi yang potensial untuk membantu Anda merencanakan masa depan yang lebih baik. Tak hanya itu, Zurich Pro-Fit 8 juga memberikan ketenangan, karena di akhir masa pertanggungan, Anda akan menerima manfaat jatuh tempo yang dijamin sebesar 150% dari uang pertanggungan dasar. Selain memberikan manfaat dana pensiun masa depan yang bertumbuh, Zurich Pro-Fit 8 juga memberikan perlindungan dari segara risiko yang dapat terjadi pada Anda, berupa dana perlindungan yang akan diberikan secara tunai kepada keluarga jika nanti terjadi risiko.  

Tak ada salahnya bukan untuk mempesiapkan kesejahteraan masa tua Anda sejak dini? Agar Anda dan keluarga dapat menjalani hari dengan penuh rasa aman dan nyaman. Temukan beragam investasi dana pilihan Anda di sini. Karena kebiasaan Anda saat ini akan menentukan keadaan di masa depan.

 

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180