Proses Klaim

Claim Process

Bersama Zurich, lakukan proses klaim dengan mudah.

Anda hanya perlu menginformasikan kami sesegera mungkin dan kami akan membantu proses klaim tanpa hambatan.

Formulir Klaim

*
*
*
*
*
*
*
 
Captcha

 
*

Prosedur Klaim

I . Berkas klaim yang diperlukan:

A. Meninggal Dunia

  • Formulir Klaim Meninggal Dunia yang diisi dan ditandatangani oleh penerima manfaat (asli).
  • Buku Polis / Sertifikat Asuransi.
  • Fotokopi identitas tertanggung yang masih berlaku (asli / fotokopi legalisir).
  • Identitas pendukung penerima manfaat, yaitu:

    Bila penerima manfaat

    Identitas pendukung

    Suami / Istri

    KTP suami/istri dan Akta Nikah (Kartu Keluarga Asli)

    Anak

    KTP anak dan Akta Lahir Anak (Kartu Keluarga Asli)

    Orang Tua

    KTP orang tua dan Akta Lahir tertanggung

    Saudara kandung

    KTP saudara kandung dan  Akta Lahir  saudara kandung & tertanggung

  • Surat Keterangan Dokter Meninggal Dunia (asli).
  • Surat Keterangan Meninggal Dunia dari Kelurahan (asli).
  • Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit / Dinas Kesehatan
  • Untuk Meninggal Dunia disebabkan oleh karena kecelakaan / sebab tidak wajar dilengkapi Surat Keterangan dari Kepolisian.

Catatan:

  • Apabila penerima manfaat lebih dari satu harap melengkapi seluruh identitas semua penerima manfaat. 
  • Seluruh dokumen yang dilampirkan adalah fotokopi legalisir, kecuali Formulir Klaim Meninggal Dunia, Polis/Sertifikat Polis dan Surat Keterangan Dokter Meninggal Dunia yang dimana harus asli. 
  • Penanggung berhak meminta surat keterangan tambahan atau dokumen lainnya yang dianggap perlu sehubungan dengan klaim. 

B. Manfaat Pertanggungan selain Meninggal Dunia 

  • Formulir Klaim Manfaat Perawatan Rumah Sakit, Penyakit Kritis (termasuk Penyakit Kritis Stadium Awal), Pembebasan Premi dan Ketidakmampuan Total. 
  • Fotokopi identitas Pemegang Polis yang masih berlaku. Fotokopi identitas Tertanggung yang masih berlaku. Surat Keterangan Dokter. 
  • Fotokopi resume medis perawatan dan hasil-hasil pemeriksaan penunjang (laboratoium, x-ray, ct scan, dan lain-lain)
  • Kwitansi asli & perincian untuk Manfaat Pertanggungan Prestigio H&S dan Maha H&S 
  • Fotokopi legalisir kwitansi & perincian untuk Manfaat Pertanggungan Prestigio MED 

 

Catatan: Penanggung berhak meminta surat keterangan tambahan atau dokumen lainnya yang dianggap perlu sehubungan dengan klaim.

II. Kirimkan berkas-berkas klaim yang sudah diisi lengkap dan dokumen pendukung ke:

Departemen Klaim 
PT Zurich Topas Life 
Gedung Mayapada Tower II, Lantai 5 Jl. Jend. Sudirman Kav. 27 
Jakarta 12920 

Pertanyaan Seputar Pengajuan Klaim: 
Hubungi 1500-ZUR(987) atau email ke: customercare.indo@zurich.com 

Tanya Jawab Tentang Klaim Perawatan Rumah Sakit Reimbursement & Cashless

PERIHAL REIMBURSEMENT

1. Apa yang dimaksud dengan Klaim Reimbursement? 

Fasilitas penggantian biaya perawatan yang disediakan oleh Zurich Topas Life (ZTL) ketika Tertanggung menjalani rawat inap atau rawat jalan sesuai ketentuan Polis. 

2. Bagaimana prosedur Klaim REIMBURSEMENT? 

  • Tertanggung menjalani perawatan (rawat inap atau rawat jalan ) di seluruh rumah sakit diseluruh dunia sesuai ketentuan Polis. 
  • Tertanggung/Pemegang Polis membayar terlebih dahulu tagihan perawatan yang telah dijalani. 
  • Tertanggung/Pemegang Polis mengajukan kepada Penanggung (ZTL) klaim penggantian atas biaya perawatan yang telah dikeluarkan oleh Tertanggung / Pemegang Polis. 

3. Bagaimana caranya melakukan klaim secara REIMBURSEMENT? 

Nasabah dapat mengirimkan berkas klaim ke kantor pusat PT. Zurich Topas Life (Ditujukan ke: Claim Department) 

Dokumen-dokumen klaim yang diperlukan adalah: 

  • Formulir Klaim yang diisi dengan lengkap & benar. Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. 
  • Kwitansi (asli) dan semua perincian tagihan perawatan. Surat Keterangan Dokter 
  • Resume medis perawatan dan hasil-hasil pemeriksaan penunjang ((laboratoium, x-ray, ct scan, dan lain-lain) 

Catatan: Penanggung berhak meminta surat keterangan tambahan atau dokumen lainnya yang dianggap perlu sehubungan dengan klaim.

4. Mengapa proses Klaim REIMBURSEMENT kadang-kadang memakan waktu yang cukup lama? 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lamanya proses klaim REIMBURSEMENT, antara lain: 

Berkas klaim yang dilampirkan belum lengkap. 

Proses klaim masih memerlukan adanya informasi tambahan dari dokter, rumah sakit ataupun dari nasabah. 

Diperlukan investigasi lebih lanjut. 

5. Siapa yang dapat dihubungi jika ada masalah dengan proses klaim REIMBURSEMENT?

Nasabah dapat menghubungi Agen Asuransi atau, CustomerCare ZTL di nomor telepon 1500 987, E-mail ke: customercare.indo@zurich.com 

6. Apakah tindakan operasi/pembedahan harus dilakukan dengan rawat inap?

Penggantian biaya perawatan yang memerlukan tindakan operasi/pembedahan yang ditanggung dapat dilakukan dengan rawat inap atau rawat jalan (one day care). 

 

PERIHAL CASHLESS (Fasilitas tambahan untuk rider Prestigio H&S & Maha H&S)

1. Apa itu CASHLESS? 

Fasilitas CASHLESS adalah fasilitas yang memudahkan Nasabah menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan, dimana Penanggung (ZTL) melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit rekanan melalui TPA (Third Party Administrator) sebesar yang ditanggung dalam Polis. 

2. Bagaimana cara menggunakannya? 

Langkah 1 

Tertanggung menunjukkan kartu CASHLESS dan kartu identitas yang sah kepada bagian pendaftaran rawat inap rumah sakit rekanan (list rumah sakit rekanan dapat dilihat di LINK. 

Langkah 2 

Penanggung melalui TPA akan melakukan proses verifikasi dan jika disetujui maka TPA akan menerbitkan Surat Jaminan Rawat Inap kepada rumah sakit rekanan sebagai persetujuan atas penggunaan fasilitas CASHLESS. 

Langkah 3 

Pasien akan mendapatkan pelayanan medis sesuai dengan tingkat kelas kamar yang tercantum dalam Surat Jaminan Rawat Inap. 

3. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam penggunaan fasilitas CASHLESS? 

  • Kartu CASHLESS hanya dapat digunakan oleh Tertanggung yang namanya tertera pada Polis. 
  • Penanggung (ZTL) mempunyai hak untuk menerbitkan atau membatalkan Surat Jaminan Rawat Inap. 
  • Pemegang Polis wajib untuk membayar kelebihan klaim (ekses) sebelum Tertanggung keluar dari dari rumah sakit rekanan. 

4. Alur kerja proses CASHLESS 

cashless