1. Indonesia
  2. Tentang Asuransi Zurich
  3. Media Room
  4. 2017
  5. Waspada Terhadap Investasi Bodong

Waspada Terhadap Investasi Bodong

17 Mei 2017




Tahun ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai adanya penawaran-penawaran investasi bodong. Berdasarkan rilis yang diterbitkan OJK, Satuan Tugas Waspada Investasi OJK telah menerima banyak keluhan dari masyarakat dan menemukan beberapa penawaran investigasi bodong di internet dan media online yang dapat merugikan masyarakat. Agar dapat senantiasa  memberikan perlindungan kepada masyarakat, di 18 April, 2017, Satuan Tugas Waspada Investasi telah memberikan sanksi kepada aktifitas bisnis dari tujuh institusi yang tidak memiliki izin untuk beroperasi dan telah memberikan informasi yang salah kepada masyarakat. 

Sepanjang empat bulan pertama di tahun 2017, Satuan Tugas Waspada Investasi telah memberikan sanksi kepada 26 institusi yang menawarkan investasi bodong. 

Selain itu, mereka juga merekomendasikan kepada masyarakat untuk berhati-hati sebelum menginvestasikan dana yang mereka miliki. Berikut dibawah ini beberapa saran untuk Anda agar dapat terhindar dari penawaran investasi bodong:

  • Pastikan Perusahaan yang menawarkan Anda produk investasi memiliki izin usaha dari regulator dan izin tersebut sesuai dengan badan usaha yang dijalankan. 
  • Pastikan produk investasi yang ditawarkan memiliki izin dan sudah terdaftar. 
  • Pastikan Perusahaan atau badan usaha yang menawarkan memiliki domisili bisnis yang sejalan dengan izin usaha mereka. 
  • Pastikan adanya logo resmi dari regulator atau institusi di materi yang dinyatakan sebagai terdaftar di regulator. 

Dalam menghindari penawaran investasi bodong tidak ada strategi yang pasti, akan tetapi dengan melaksanakan hal-hal yang kami sarankan, Anda dapat meminimalisir terjadinya risiko investasi bodong. Dengan menjalankan tips yang telah kami berikan akan menjadi suatu awal yang baik untuk melindungi diri Anda dan investasi Anda. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: