The Global Risks 2018

24 Januari 2018

Kita menjadi salah satu penyebab kondisi bumi yang semakin menurun.

Risiko terkait lingkungan semakin meningkat dan menjadi sorotan dalam cakupan risiko global tahun ini dengan risiko yang semakin tinggi. Salah satunya adalah cuaca ekstrim yang melanda. Risiko lingkungan semakin intens karena gagalnya adaptasi perubahan iklim dan mitigasinya, yang merupakan isu penting.

Planet kita membutuhkan perlindungan, yang berarti kita harus melakukan transisi ke ekonomi rendah karbon ( low-carbon economy ). Karena saat ini kita sedang menyaksikan respon yang sedikit lambat terhadap perubahan iklim.

Pertahanan kita terhadap risiko dunia maya sedang dalam tahap uji.

Risiko dunia maya semakin meningkat di tahun 2017. Serangan dunia maya dan penipuan muncul di dalam lima besar risiko global. Meskipun banyak serangan terhadap infrastruktur strategis belum ada yang berhasil dilakukan sejauh ini, namun risiko terhadap kejahatan dalam dunia maya semakin meningkat.

Kerentanan yang semakin meningkat terhadap risiko sistemik.

Sampai sekarang, kita telah menghindari keruntuhan sistem. Namun, risiko yang kita hadapi sangat struktural sifatnya, tanpa respon yang sistemik, lingkungan kita, ekonomi global, dan sistem penting lainnya akan segera menghadapi tantangan – tantangan yang signifikan.

Saat ini belum terlambat untuk membangun masa depan yang lebih tangguh namun kita harus bertindak dengan cepat tanggap untuk menghindari keruntuhan sistem yang mungkin terjadi.

Pertumbuhan saja tidak akan memperbaiki hubungan sosial yang ada.

Selain tingkat risiko terhadap ekonomi yang semakin menurun dalam survei mengenai persepsi terhadap risiko global, risiko ekonomi tetap ada dan dapat muncul sebagai pemicu terhadap konsekuensi sistemik. Contohnya, peningkatan yang terus menerus terhadap perbedaan yang signifikan pendapatan dan kemakmuran, tingginya hutang pribadi, juga tabungan dan pensiun yang tidak cukup adalah faktor – faktor yang meningkatkan risiko di masa depan. Bersamaan dengan itu, kita tidak seharusnya menghindari kecanggihan teknologi dan otomisasi yang memiliki akibat terhadap tenaga pekerja, yang dapat menimbulkan kesenjangan.

Risiko terhadap konflik internasional yang semakin meningkat.

Kami juga melihat adanya benturan yang terkait identitas dan komunitas yang terus memicu ketidakteraturan politik di banyak negara. Benturan – benturan ini meningkat terutama di perbatasan. Sebagai tambahan, polarisasi terus menjadi sumber risiko politik, ekonomi, dan sosial di negara – negara Barat dalam jangka waktu dekat.

Saat ini, kondisi risiko terhadap geopolitik memburuk seiring penurunan dalam komitmen terhadap multilateralisme berbasis kekuasaan. Ada kekhawatiran konfrontasi politik dan ekonomi yang semakin memburuk juga perpecahan antara pihak – pihak yang berkuasa.

Kejadian – kejadian yang tidak terduga di masa mendatang.

Seiring dunia menjadi semakin kompleks dan berkesinambungan, kegagalan yang tiba – tiba terjadi, maka itu kejadian – kejadian tak terduga di masa mendatang dapat semakin sering terjadi. Terdapat satu bagian dalam Global Risk Report yang berfokus terhadap kejadian – kejadian tak terduga yang merusak atau membuat dunia menjadi tidak stabil, dan bagaimana cara untuk mencegahnya ( termasuk diskusi tentang rantai pasok global, artificial intelligence, “perang” perdagangan antara dua negara, populisme, kepunahan, krisis ekonomi/keuangan, dan lain – lain ).

Bagaimana perusahaan menanggapi risiko – risiko global ini ?

Meningkatnya inter-konektivitas, kompleksitas, dan dampak potensial terhadap risiko akan tetap ada. Kita harus mempertimbangkan segala aspek yang dapat mempengaruhi bisnis.

Perusahaan – perusahaan perlu melihat risiko global yang dapat mempengaruhi bisnis secara langsung atau tidak langsung, dan mendefinisikan pendekatan holistik untuk mengelola risiko – risiko itu.

Maka itu, penting untuk memahami pemicu – pemicunya, tren, dan skenario yang harus diwaspadai, juga apakah yang harus dipersiapkan untuk konsekuensi – konsekuensi yang mungkin terjadi. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: