Bidik Kalangan Internasional, Zurich Topas Life Akan Jalin Kemitraan dengan Bank of China

31 Januari 2017



  • Pada tahun 2016, pertumbuhan jalur distribusi bancassurance Zurich Topas Life (ZTL) tumbuh 133 persen, memberikan kontribusi sebesar 37 persen terhadap keseluruhan premi perusahaan.
  • Zurich Topas Life (ZTL) dan Bank Of China melihat adanya peluang dalam menjawab kebutuhan komunitas internasional atas produk proteksi yang komprehensif di Indonesia

Jakarta, 26 Januari 2017 – PT Zurich Topas Life (ZTL) mencatatkan pertumbuhan premi dari jalur distribusi bancassurance sebesar 133 persen di 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bancassurance merupakan salah satu jalur distribusi utama bagi Zurich dan telah memberikan kontribusi sebesar 37 persen terhadap keseluruhan premi perusahaan pada 2016.

“Pencapaian ini sangat membanggakan dan kami akan terus mengembangkan jalur distribusi melalui bancassurance pada tahun 2017 dengan menyasar segmen kelas menengah dan menengah ke atas di Indonesia,” ujar Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/1). Dalam konferensi pers tersebut hadir pula Bank of China yang akan menjadi salah satu partner bancasurrance Zurich*.

ZTL dan Bank of China sama-sama melihat adanya peluang untuk melayani kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi. “Zurich merupakan salah satu perusahaan dengan jaringan asuransi terbesar di dunia. Saat ini Zurich beroperasi di 170 negara di seluruh dunia. Hal ini setidaknya memberikan dua manfaat bagi nasabah. Pertama, nasabah akan semakin mengenal brand kami secara global sehingga memberikan rasa nyaman kepada para nasabah untuk memilih kami sebagai perusahaan asuransi jiwa yang dipercaya. Kedua, perpaduan pengalaman kami di berbagai negara di dunia dan pemahaman lokal atas pasar di Indonesia akan dapat memberikan rangkaian produk intelligent protection yang sesuai kebutuhan nasabah,” jelas Peter. 

ZTL melihat adanya kebutuhan lebih dari sekadar proteksi jiwa untuk komunitas internasional yang tinggal di Indonesia. “Mereka cenderung memiliki masa tinggal relatif pendek, akan tetapi mereka tetap membutuhkan proteksi maksimal. Kami menjawab kebutuhan tersebut dengan meyediakan serangkaian produk yang sesuai,” ujar Peter. ZTL memiliki sejumlah produk mulai dari asuransi tradisional hingga produk asuransi jiwa dwiguna inovatif dengan jaminan cashback tahunan dan hasil investasi optimal yang dilihat berpotensi menjawab kebutuhan komunitas internasional.

*) Tunduk pada ketentuan OJK 

Bank of China juga menyambut baik rencana menyasar pasar komunitas internasional tadi. “Profil kebanyakan nasabah kami merupakan pengusaha – termasuk nasabah wealth management. Kami melihat bahwa Zurich memiliki berbagai produk yang inovatif dan dapat disesuaikan kebutuhan profil nasabah Bank of China. Selain itu, produk yang komprehensif dari Zurich Topas Life juga akan membuat nasabah, terutama komunitas internasional, memiliki fleksibilitas dalam produk proteksi,” ujar Assistant Country Manager Bank of China Du Qiqi. Rencana kerja sama dengan Bank of China juga dinilai sebagai bagian dari strategi bisnis Bank of China. “Pemasaran produk bancassurance adalah salah satu pendukung bisnis perbankan ritel Bank of China dalam memberikan layanan kepada nasabah kami,” tambah Du Qiqi. 

Selain melalui bancassurance, ZTL juga didukung jalur Agency yang kuat dengan lebih dari 3.500 agen aktif tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Perusahaan juga mulai mengembangkan jalur affinity. “Kami sangat terbuka dengan kemitraan Affinity yang dapat memfasilitasi para nasabah dengan akses akan kebutuhan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelas Peter. Melalui berbagai langkah strategis perusahaan bekerjasama dengan berbagai bank, pada akhir 2017 Zurich menargetkan agar angka premi melalui jalur distribusi bancassurance dapat meningkat 125%. 

*Selesai*

Tentang Zurich Topas Life

Zurich Topas Life (ZTL) merupakan bagian dari Zurich Group yang memperluas usahanya di industri asuransi jiwa Indonesia sejak November 2010. Strategi multi-distribusi ZTL menyediakan nasabah beragam pilihan untuk mendapatkan produk - produk asuransi dari ZTL sekaligus menjadikan kehadiran kami lebih bermakna untuk melayani beragam segmen nasabah. Didukung oleh Zurich Group yang memiliki kekuatan keuangan yang solid serta para ahli global di dunia asuransi, ZTL berkomitmen untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia untuk nasabah, karyawan, pemegang saham dan mitra bisnis. PT Zurich Topas Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tentang Bank of China Ltd. Jakarta Branch

Bank of China dibangun pada tahun 1912 merupakan bank tertua di China. The Banker menempatkan Bank of China sebagai salah satu bank ternama di dunia dalam hal modal inti. Bank of China memiliki peran penting dalam peningkatan sosial dan ekonomi China dengan aktif terlibat dalam aktivitas keuangan dan perdagangan internasional. Bank of China juga masuk dalam Fortune 500 selama 13 tahun berturut-turut. Mengusung strategi bisnis global “Melayani Masyarakat, Memberikan Keunggulan”, (“Serving Society, Delivering Excelence”) Bank of China menjadi bank China pertama yang memiliki cabang hampir di seluruh belahan dunia. Bank of China merupakan bank China pertama yang memiliki cabang hampir di seluruh belahan dunia. Saat ini Bank of China memberikan pelayanan keuangan melalui jaringan globalnya di lebih dari 613 cabang di 27 negara dan daerah. Di Hong Kong dan Macau, Bank of China merupakan salah satu bank yang mencetak mata uang lokal.

Bank of China cabang Jakarta awalnya bank yang dibangun pada tahun 1938. Berdasarkan persetujuan dari pemerintahan China dan Republik Indonesia serta memorandum antara China dan Bank Indonesia, Bank of China membuka kembali cabangnya di Jakarta pada tanggal 15 April 2003. Sebagai bagian dari jaringan group Bank of China, Bank of China cabang Jakarta menawarkan pelayanan perbankan yang komprehensif untuk transaksi bisnis dalam negeri dan internasional. Kami memiliki keuntungan yang kompetitif dalam pelayanan dagang dan bukan dagang bagi para nasabah kami.