1. Home
  2. Tentang Kami
  3. Berita Zurich
  4. 2018
  5. Perluas Jangkauan Pasar Pro-Fit 8, Zurich Topas Life Gandeng Bank Mayapada

Perluas Jangkauan Pasar Pro-Fit 8, Zurich Topas Life Gandeng Bank Mayapada

30 Juli 2018

●      Tawarkan guaranteed cash back setiap tahunnya dan hasil investasi potensial, Zurich optimis Pro-Fit 8 terima respon positif dari nasabah BMI


●      Kerja sama ini tandai pertama kalinya Pro Fit 8 dipasarkan melalui jalur bancassurance


●      Lewat kerja sama ini, BMI targetkan perluas market dari kalangan muda Indonesia



Jakarta, 30 Juli 2018 – PT Zurich Topas Life kembali menjalin kemitraan strategis dengan PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk. kali ini dalam pemasaran produk asuransi inovatifnya, Zurich Pro-Fit 8. Kerja sama ini menandai pertama kalinya Zurich Pro – Fit 8 (Zurich Protection & Benefit 8) dipasarkan melalui jalur bancassurance.

Diluncurkan pada akhir 2016, Zurich Pro-Fit 8, yang merupakan produk asuransi dwiguna pertama di Indonesia, mendapat respon pasar yang positif. Dipasarkan melalui jalur keagenan, pertumbuhan premi Pro-Fit 8 mencapai 304% (year on year/YoY). Kali ini, peluncuran Zurich Pro-Fit 8 di Bank Mayapada ditandai dengan acara seremonial simbolis yang dilakukan oleh Yusuf Budi Baik – Chief of Partnership Officer Zurich Topas Life, James Wang Tien Chen – Direktur Produk dan E-Channel Bank Mayapada, dan Andreas Wiryanto – Direktur Bisnis Bank Mayapada.

Yusuf Budi Baik – Chief of Partnership Officer Zurich Topas Life, menjelaskan “Kombinasi manfaat ganda berupa jaminan cashback tahunan dan hasil investasi yang potensial menjadi selling point dari Zurich Pro – Fit 8. Melalui jaringan dan basis nasabah dari Bank Mayapada, kami ingin semakin mempermudah masyarakat, terutama kalangan smart professional, dalam mengakses manfaat perlindungan dan investasi inovatif yang ditawarkan Pro-Fit 8.”

Yusuf melanjutkan, “Kemitraan bancassurance ini juga merupakan bentuk komitmen Zurich untuk terus memperluas bisnisnya di Indonesia, sejalan dengan misi kami yaitu, “to grow with greater sense of purpose”, dengan fokus pada penyediaan produk dan layanan perlindungan yang inovatif, mudah dan fokus pada kebutuhan nasabah.

James Tienchen Wang – Direktur Produk dan E-Channel Bank Mayapada mengatakan “Pemanfaatan asuransi di kalangan nasabah, terutama profesional muda, terus mengalami peningkatan yang menjanjikan. Terutama, untuk produk-produk perlindungan yang memberikan manfaat investasi. Dengan kemudahan dan inovasi yang ditawarkan, kami optimistis Zurich Pro – Fit 8 akan diterima dengan baik oleh para nasabah. Semoga kerjasama ini dapat mendukung Bank Mayapada untuk terus konsisten memperluas bisnis bancassurance-nya di Indonesia.” 

Zurich Pro-Fit 8 didesain untuk melindungi sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan perencanaan keuangan smart professional yang dinamis, termasuk untuk tabungan pendidikan anak, persiapan pensiun, atau rencana liburan. Nasabah hanya perlu membayar premi asuransi selama 8 tahun untuk proteksi dan manfaat selama 20 tahun. Pro-Fit 8 juga memberikan guaranteed cash back setiap tahunnya selama masa asuransi berjalan. Zurich Pro-Fit 8 telah mendapat penghargaan dari Tras N Co Research karena produk pertama di Indonesia yang menggabungkan manfaat dwiguna dan unit link.

Sebelumnya Zurich Topas Life dan Bank Mayapada telah menjalin kerja sama kemitraan jangka panjang, terutama dalam penyediaan beragam produk bancassurance dari Zurich Topas Life di Bank Mayapada.

Lebih lanjut, kerja sama kemitraan bancassurance Pro – Fit 8 diharapkan mampu mendorong kenaikan fee – based income Bank Mayapada. Andreas Wiryanto – Direktur Bisnis Bank Mayapada mengungkapkan, “Bank Mayapada fokus untuk meningkatkan fee-based income di 2018 dengan mengoptimalkan bisnis bancassurance dan unit link. Kerja sama bancassurance dengan Zurich Topas Life kami lihat sebagai strategi yang tepat, khususnya untuk memperluas jangkauan pasar nasabah ke kalangan muda.”

Kolaborasi yang dilakukan juga merupakan bentuk inisiasi kedua perusahaan dalam mendukung misi pemerintah untuk menggalakkan literasi dan inklusi keuangan nasional. Berdasarkan riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016, penggunaan asuransi di Indonesia baru mencapai 11,81 persen dan ditargetkan bisa mencapai 75 persen pada tahun 2020. “Pelaku industri, termasuk bank dan penyedia jasa asuransi, memiliki peranan besar dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, salah satunya melalui penyediaan produk yang mudah dan inklusif,” tambah James.

Pertumbuhan Jalur Bancassurance bagi Zurich Topas Life

Bancassurance memiliki peran signifikan bagi pertumbuhan bisnis Zurich Topas Life. Selama dua tahun terakhir, pertumbuhan premi dari jalur distribusi bancassurance Zurich Topas Life mengalami kenaikan mencapai 194%. Sementara itu, persentase kontribusi bancassurance terhadap pendapatan premi Zurich di semester pertama 2018 ini tercatat sebesar 25%. “Kami memperkirakan pendapatan premi di kanal distribusi bancassurance akan dapat terus meningkat, didukung dengan tingginya preferensi nasabah dan kepercayaan yang meningkat untuk membeli produk asuransi melalui perbankan,” jelas Yusuf.

Selain mengandalkan jalur bancassurance, Zurich Topas Life juga bertumpu pada jalur distribusi agen. Saat ini, Zurich memiliki lebih dari empat ribu agen pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.
 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: