Siaran Pers8 Agustus 2022

Zurich bersama Danamon Luncurkan Paket Asuransi untuk UMKM, Lindungi Aset Usaha Hingga Kesehatan Karyawan

Jakarta, 4 Aug 2022 – PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich) bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) baru-baru ini meluncurkan Asuransi Paket Perlindungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dirancang untuk membantu pertumbuhan UMKM sekaligus memberi perlindungan dalam mengelola risiko bisnisnya, asuransi ini mencakup perlindungan aset usaha hingga asuransi kesehatan untuk pemilik dan karyawan dengan total tanggungan hingga Rp 10 M.

Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia Edhi Tjahja Negara menyampaikan "Berdasarkan penelitian mendalam, kami menemukan bahwa UMKM membutuhkan perlindungan, tetapi belum menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka, dan mereka membutuhkan rekomendasi asuransi yang dapat dipercaya. Bersama dengan Danamon kami telah mengembangkan paket yang memenuhi kebutuhan ini dalam berbagai cara, membawa pandangan yang lebih optimis bagi nasabah".

Data Kementerian Koperasi dan UKM di tahun 2021 menunjukkan bahwa jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61,07%.

President Direktur dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Yasushi Itagaki, mengatakan, "Produk ini lahir dari sinergi pengalaman Danamon membantu ribuan pelaku UMKM di Indonesia dan keahlian Zurich dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini memberikan nilai tambah bagi para nasabah kami khususnya yang merupakan pelaku UMKM untuk dapat melindungi bisnisnya sekaligus kesejahteraan para pekerjanya. Melalui jaringan Danamon di seluruh Indonesia, kami berharap produk ini dapat menyentuh sektor UMKM yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan keuangan."

Asuransi Paket Perlindungan UMKM ini ditujukan untuk pelaku UMKM untuk sembilan jenis okupansi, yaitu: ruko, jasa, workshop/bengkel, showroom, restoran/bar/hotel, gudang privat, usaha manufaktur berisiko rendah, menengah, dan tinggi. 

"Kita memahami bahwa UMKM vital bagi perekonomian Indonesia. Namun demikian, para pelaku usaha masih menghadapi beberapa tantangan klasik terkait risiko usaha dan kurangnya produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kami percaya bahwa produk ini akan membantu menghadirkan pandangan yang lebih optimis bagi pelanggan". Edhi menambahkan.

Nikmati penawaran khusus (Early Bird) di bulan Juli-September 2022, untuk Asuransi Paket UMKM. Melalui cabang Danamon, UMKM dapat berhemat hingga 10%. Dalam rangka HUT Danamon ke-66 tahun, pelaku UMKM juga mendapatkan diskon tambahan sebesar 6,6% dari premi awal. Produk Paket Asuransi UMKM dari Zurich dan Danamon, dapat diakses di seluruh kantor cabang Danamon.

 

Tentang Zurich Indonesia 

Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi jiwa serta asuransi umum melalui PT Zurich Topas Life (ZTL), PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), dan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah). 

ZTL menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif melalui jaringan distributor (agen, broker dan mitra bank). ZAI dimiliki oleh Zurich sebesar 80%, menyediakan produk dan layanan asuransi umum konvensional. Zurich Syariah memberikan layanan asuransi umum berbasis syariah. 

 

Tentang Danamon:

PT Bank Danamon Indonesia Tbk ("Danamon" atau "Bank" - Kode BEI: BDMN), yang berdiri sejak tahun 1956, per 31 Maret 2022, mengelola total aset konsolidasi sebesar Rp 192 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd dan 7,53% dimiliki oleh publik. Danamon didukung oleh 860 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 33 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, mobile banking melalui aplikasi D-Bank PRO dan D-Card, SMS Banking, serta layanan phone banking dan Whatsapp Chat melalui Hello Danamon.

Dengan berbagai produk dan layanan keuangan baik konvensional maupun syariah, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen mulai dari Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), hingga Wholesale. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk ("Adira Finance") yang merupakan anak perusahaan Danamon, melayani pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umrah. Khusus untuk nasabah Retail, pada bulan Juli 2020, Danamon meluncurkan segmentasi Danamon Optimal untuk membantu segmen mobile ke atas dalam mengelola keuangan. Danamon Optimal terdiri dari produk dan layanan sesuai kebutuhan individu, mulai dari tabungan, pinjaman hingga asuransi yang dilengkapi dengan layanan serba digital untuk kemudahan bertransaksi. Danamon Optimal diharapkan dapat membantu nasabah yang tergabung dalam segmen ini untuk dapat mengontrol keuangannya dengan mudah dan bijaksana.

Sebagai bagian dari MUFG, bank terbesar di Jepang dan salah satu lembaga keuangan terkemuka di dunia, Danamon memiliki akses ke kekuatan, keahlian, dan jaringan MUFG melayani nasabah kami. Kolaborasi antara Danamon, Adira Finance, MUFG juga menjadi kunci dalam memanfaatkan kekuatan masing-masing entitas. Sebagai sebuah grup, kami berbagi aspirasi yang sama untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh segmen dan rantai nilai termasuk industri otomotif dan ekosistem pengembang real estate. Danamon juga berkomitmen untuk mengembangkan organisasi yang berpusat pada nasabah, selaras dengan komitmen untuk memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Danamon menerima penghargaan pertama dalam Indeks SLE 2021 untuk kategori Bank BUKU IV di acara 2021 Satisfaction Loyalty Engagement Awards yang diselenggarakan Marketing Research Indonesia dan Infobank. Di awal tahun 2022, Danamon meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2021” dari Brand Finance Indonesia dan Majalah Investor - Beritasatu Media Holdings. Hasil riset Brand Finance Indonesia tersebut menyatakan bahwa Danamon memiliki Brand Value yang termasuk dalam kategori Platinum, yaitu berkisar antara USD300 hingga 999 juta. Danamon juga menerima penghargaan Best Retail Bank Indonesia dan Best Open Banking Initiative, serta predikat Highly Commended untuk kategori Best Fintech Partnership dalam ajang Retail Banker International Asia Trailblazer Awards ke-13 tahun 2022.