5 Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Dikonsumsi

09 Desember 2019

Selama periode kehamilan ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi? Yuk, cek 5 daftarnya di bawah ini!

makanan sehat untuk ibu hamil

Selama periode kehamilan ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pasalnya, asupan bernutrisi inilah yang menjadi faktor penentu kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.

Ibu hamil juga harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi karena asupan ini akan diserap oleh janin yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang. Lantas, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi? Yuk, cek 5 daftarnya di bawah ini!

Sayur Bayam Selama Hamil

Makanan sehat pertama yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan yakni bayam. Pada sayuran ini terdapat kandungan asam folat serta zat besi tinggi yang dibutuhkan agar bayi tidak mengalami cacat pada bagian otak dan saraf tulang belakang.

Konsumsi sayur bayam juga akan menghindarkan ibu hamil dari risiko persalinan yang prematur dan preeklamsia atau komplikasi kehamilan. Jadi, saat Anda telah dinyatakan hamil oleh dokter segera perbanyak asupan sayuran ini. 

Brokoli dengan Antioksidan Tinggi

Sayur hijau lainnya yang akan sangat berguna bagi ibu hamil adalah brokoli dengan tampilan yang menyerupai rambut kribo. Selain mengandung vitamin C, serat, kalsium, dan asam folat, brokoli juga memiliki zat antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas serta berbagai gangguan kesehatan yang mengancam.

Alpukat Saat Masuk Trimester Kedua

Selain sayuran, makanan sehat untuk anak yang ada di dalam kandungan yaitu buah alpukat. Ibu hamil yang memasuki trimester kedua sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Pasalnya, alpukat kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, asam folat dan kalium.

Bukan hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan tinggi asam lemak baik. Jenis lemak ini pun diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu sistem saraf, perkembangan otak, serta kulit dan jaringan bayinya. Bagi mereka yang mengalami kram kaki selama hamil, maka buah ini pun bisa jadi solusi.

Buah Mangga untuk Beragam Vitamin

Buah yang satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi dalam periode hamil karena terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan kalium yang berkhasiat bagi tubuh. Mangga juga memiliki serat yang tinggi sehingga bisa mencegah sembelit atau konstipasi. Tidak hanya baik bagi ibu hamil, mangga juga merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui.

Ikan Salmon dan Daging Tanpa Lemak

Terakhir, seorang ibu hamil juga perlu mendapatkan sumber vitamin hewani yang didapatkan dari ikan salmon. Pasalnya, di dalam ikan jenis ini terdapat asam lemak Omega-3 dengan EPA dan DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan mata dan otak janin.

Bukan hanya ikan salmon, daging tanpa lemak juga perlu dimasukkan ke dalam menu makanan bergizi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mineral dan zat besi agar janin tidak lahir prematur. Daging tanpa lemak juga berkhasiat sebagai makanan sehat untuk diet.

Demikian tadi beberapa informasi makanan sehat dan bergizi bagi ibu hamil yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Selain mengonsumsi menu makanan sehat di atas, Anda juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan dari Zurich.

Ada beberapa produk asuransi kesehatan yang ditawarkan Zurich yakni antara lain Zurich Pro Care sebagai solusi kesehatan komprehensif, Zurich Principle Care untuk melindungi diri Anda dan orang-orang yang dicintai, serta Zurich Critical Advantage untuk akses perawatan kesehatan terbaik di luar negeri. Dengan mengantongi asuransi kesehatan ini, Anda pun tidak perlu lagi khawatir mengenai kondisi jiwa dan finansial diri sendiri serta orang-orang yang tersayang.