• Protect the environment. Think before you print.

6 Gejala Kanker Serviks yang Sering Diabaikan

09 Desember 2019

Kanker serviks menjadi penyakit yang cukup berbahaya bagi wanita. Ketahui dulu apa saja gejala kanker serviks yang tidak boleh diabaikan.

gejala kanker serviks

Perlu diketahui, kanker serviks mudah berkembang di sel-sel leher rahim. Biasanya, kasus kanker serviks juga sering terjadi karena adanya pengaruh infeksi menular seksual.

Perlu dipahami, serviks merupakan bagian bawah rahim yang terkait pada vagina. Serviks berfungsi memproduksi lendir atau mukus. Lendir sendiri berperan untuk menyalurkan sperma dari vagina ke rahim ketika berhubungan seksual. Serviks juga berperan menjaga janin tetap di rahim dan akan melebar atau ketika proses persalinan terjadi.

Penyebab Utama Kanker Serviks

Penyebab utama kanker serviks dipengaruhi dari adanya infeksi human papilloma virus (HPV). Infeksi virus ini membuat terjadinya perubahan struktur gen dan pertumbuhan tidak normal serta mudah rapuh pada jaringan serviks. Jaringan rapuh ini gampang berdarah, makanya akan menyebabkan vagina mengalami perdarahan. 

Meskipun infeksi HPV juga bisa disebarkan lewat aktivitas non-seksual, namun aktivitas seksual adalah penyumbang risiko terbesar terjadinya kanker serviks. Ada beberapa jenis tipe HPV, namun diduga kuat  jenis HPV yang menjadi penyebab kanker serviks adalah HPV tipe 16 dan 18. 

Gejala Kanker Serviks

Ditahap awal kanker serviks biasanya akan memunculkan gejala awal. Beberapa di antara, yakni adanya keinginan buang air kecil yang sering dan muncul nyeri buang air kecil bahkan berdarah, perdarahan dan nyeri tidak normal setelah berhubungan intim, dan mengalami keputihan yang lama, berbau tidak sedap dan mengalami perubahan tekstur.

Sayangnya, masih banyak wanita yang menganggap keluhan-keluhan di atas bukan masalah serius. Selain itu, masih ada lagi gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai.

Tubuh Mudah Merasa Lelah

Gejala kanker serviks lainnya yang perlu diwaspadai adalah tubuh akan merasa mudah lelah. Hal tersbut disebabkan karena adanya perdarahan yang abnormal yang terjadi pada vagina, sehingga tubuh jadi kekurangan sel darah merah. Dampaknya tubuh menjadi mudah merasa lelah. Rasa lelah yang muncul tidak hilang walaupun Anda sudah berusaha beristirahat cukup.

Mengalami Sembelit

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut dan menyebar hingga ke usus besar, bisa menyebabkan pengidapnya mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit. 

Nafsu Makan yang Berkurang Drastis

Wanita yang mengidap kanker serviks biasanya akan mengalami penurunan bahkan kehilangan nafsu makan. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya sel kanker yang menyebar dan menghalangi asupan makanan masuk ke tubuh. 

Salah Satu Tungkai Mengalami Pembengkakan 

Salah satu gejala kanker serviks stadium lanjut, yakni menimbulkan berbagai komplikasi seperti salah satunya menyebabkan pembengkakan pada tungkai. Kondisi ini disebabkan karena sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga membuat sirkulasi darah pada tungkai menjadi terhalang. Ini menyebabkan terjadinya penumpukan cairan sehingga tungkai menjadi bengkak.

Keluar Feses dari Vagina

Kanker serviks bisa memberikan dampak pada fungsi vagina. Ketika memasuki stadium lanjut, kanker servis bisa mengakibatkan kebocoran urine atau keluarnya tinja dari vagina. Ini disebabkan karena terbentuknya fistula (saluran tidak normal yang terhubung antara dua bagian tubuh atau pembuluh darah yang bisa terjadi di anus, saluran pencernaan, saluran kemih, vagina, hingga kulit). Adanya fistula bisa  membuat feses keluar lewat vagina. 

Perut yang Membesar dan Sedikit Keras

Gejala kanker serviks juga bisa membuat perut semakin membesar dan sedikit keras. Ini disebabkan karena adanya jaringan ligamen yang ada di rongga rahim mengalami peradangan karena sel kanker yang menyebar. 
Bagi wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual sebaiknya melakukan pap smear tiga sampai lima tahun sekali, atau mengikuti saran dari dokter ahli.

Perlu juga melakukan deteksi dini kanker serviks untuk bisa segera ditangani dan harapan sembuh bisa lebih besar. Melakukan vaksinasi HPV sebagai tindakan preventif perlu dilakukan. Bila gejala kanker serviks di atas Anda alami, sebaiknya segeralah periksa pada dokter. 

Anda juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan seperti Zurich Principle Care. Asuransi kesehatan ini bisa memberikan manfaat klaim multiple, yakni memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati layanan Pengajuan Klaim mencapai maksimum 3 (tiga) kali terhadap Penyakit Kritis yang tidak berhubungan dan bukan komplikasi Penyakit Kritis sebelumnya, dengan Manfaat Asuransi hingga 175% dari nilai Uang Pertanggungan. Bagi Anda yang ingin melihat produk asuransi lainnya yang dimiliki Zurich, silakan cek di sini.