1. Home
  2. Tips #MudahkanHidup
  3. 6 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Serta Manfaatnya yang Bisa Diketahui

6 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Serta Manfaatnya yang Bisa Diketahui

23 Agustus 2019

Bukan hanya membantu memberi rasa sedap pada masakan, terdapat manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu diketahui berikut ini.

manfaat ketumbar untuk kesehatan

Rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur seperti ketumbar memang sering dipakai juga sebagai penyedap rasa untuk berbagai masakan khas Indonesia seperti ayam goreng atau ayam bakar, bacem, dendeng, masakan berkuah santan, maupun sate.

Ternyata, ketumbar bukan hanya bermanfaat untuk menambah rasa masakan. Rempah-rempah yang memiliki nama lain Coriandrum sativum ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh berkat kandungan di dalamnya seperti antioksidan, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, lemak, magnesium, dan protein. Ada 6 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang bisa dirasakan dan perlu diketahui. 

Menghindari Peradangan yang Disebabkan oleh Radikal Bebas

Rempah-rempah yang dipercaya berasal dari daratan Eropa Selatan ini, memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah peradangan karena paparan radikal bebas. 

Menghindari Terkena Infeksi Jamur 

Siapa sangka, ketumbar juga memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang berperan untuk mencegah infeksi, yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri yang sering terjadi di kulit maupun konjungtivitis (mata merah yang terjadi karena adanya peradangan pada selaput bola mata dan kelopak mata pada bagian dalam).

Mengobati Pilek dan Batuk

Sering mengalami gangguan kesehatan seperti batuk dan pilek? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghirup aroma air hangat yang dicampur ketumbar yang sudah dihaluskan. Ketumbar sendiri juga mengandung vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan alami yang sudah dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menghindari Terjadinya Penyakit Diabetes

Jangan salah, manfaat ketumbar untuk kesehatan bisa dimanfaatkan untuk menghindari penyakit diabetes. Alasannya ketumbar bisa mempertahankan kadar gula darah. Biji ketumbar mampu membuat tubuh menghasilkan insulin, sehingga meminimalisir gula dalam darah menumpuk. 

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ketumbar untuk kesehatan juga bisa menjaga kondisi gigi dan mulut tetap baik karena memiliki sifat anagetik sehingga bisa membantu meredakan sakit gigi. Sifat antibakteri pada ketumbar mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ternyata salah satu manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, gas usus, hilangnya nafsu makan, mual, diare, kejang usus, dan sembelit. Rempah-rempah yang satu ini membantu mengurangi nyeri yang disebabkan karena sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS) yang merupakan gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang menyerang usus besar dan bisa kambuh suatu waktu.

Itu dia manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu diketahui. Memang memakai bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh sangat baik dan cenderung lebih aman. Namun, Anda juga perlu memberikan proteksi kesehatan dengan menggunakan asuransi kesehatan. 

Salah satu asuransi kesehatan yang bisa dipilih, yakni Zurich Pro-Care yang merupakan solusi perlindungan kesehatan yang membantu Anda mengantisipasi biaya perawatan medis.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya, yakni menyediakan 4 pilihan plan dengan total limit tahunan sebesar Rp2 Miliar – 15 Miliar, jaminan penggantian biaya medis Anda di seluruh dunia, dan pemeriksaan kesehatan tahunan. 

Syarat kepesertaannya, yakni usia masuk tertanggung 15 hari – 69 tahun (ulang tahun terakhir) dan usia masuk pemegang polis 18 tahun – 99 tahun (ulang tahun terakhir). 

Jadi, tak hanya menjaga kesehatan dari makanan sehat di atas saja, tapi perlu juga dengan memaksimalkan perlindungannya bersama Zurich Pro-Care yang bisa memberikan perlindungan berkualitas.

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180