• Protect the environment. Think before you print.

Khasiat dan Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

14 Oktober 2019

Air lemon memang terasa asam jika dikonsumsi. Namun terdapat banyak manfaat yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin.

manfaat air lemon

Anda pasti tahu Meghan Markle kan? Istri dari Pangeran Harry ini ternyata memiliki satu rahasia yang selalu dilakukannya untuk menjaga kebugaran tubuh. Kebiasaan Duchess of Sussex yang bisa Anda ikuti adalah meminum air lemon hangat di pagi hari. Hal ini tentu karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Di dalam buah lemon terdapat banyak kandungan vitamin C. Selain itu, ada juga flavonoid, karotenoid, polifenol, dan terpenoid yang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaat dari air lemon adalah menghindari bau mulut, karena buah berwarna kuning ini bisa mencegah mulut menjadi kering, memicu produksi air liur, dan menghindari bakteri jahat pada mulut. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut manfaat air lemon untuk kesehatan tubuh yang diketahui.

Menjaga Kebugaran Tubuh Agar Tetap Fit 

Salah satu manfaat buah lemon adalah mampu menjaga kebugaran tubuh. Ini karena lemon memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin C dan bioflavonoid, yang bisa menjauhkan tubuh dari radikal bebas dan berbagai bakteri.

Menjaga Berat Badan

Banyak orang yang kini menjadikan lemon untuk diet. dengan menjadikannya sebagai infused water.  Di dalam buah lemon terdapat kandungan serat pektin yang mudah larut dan mengembang di perut. Hal inilah yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kondisi ini membuat Anda jadi makan tidak berlebihan. 

Menghindari Penyakit Batu Ginjal dan Anemia

Kegunaan dari kandungan asam sitrat yang ada pada buah lemon adalah mencegah batu ginjal. Jika Anda rutin mengonsumsi air lemon secara rutin, tentu saja bisa menghindari tubuh dari kurangnya asupan cairan yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Air lemon juga bisa menambah pH urin dan jumlah urin.

Tak hanya batu ginjal saja, air lemon pun juga memiliki peran untuk menghindari anemia. Alasannya di dalam lemon terdapat kandungan zat besi. Kandungan ini merupakan mineral yang berperan dalam membantu menjaga tubuh untuk terhindar dari anemia dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh, kulit, kuku, dan rambut. 

Bisa Membantu Menghindari Sembelit

Air lemon hangat yang dikonsumsi di pagi hari setelah bangun tidur bisa Anda andalkan untuk membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah dan membantu menghindari tubuh dari konstipasi. Manfaat dari air lemon ini berasal dari rasa asam yang mampu mendukung kinerja sistem pencernaan berjalan dengan baik.

Membersihkan Tubuh dari Dalam

Manfaat air lemon juga dipercaya bisa menjadi cara untuk membersihkan tubuh dari dalam. Disarankan untuk mengonsumsi air lemon setiap pagi ketika lambung masih kosong agar bisa membuat tubuh menjalankan detoksifikasi sebelum proses tubuh lainnya menjalankan fungsinya.

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Air Lemon? 

Jika Anda ingin mengonsumsi air lemon lakukanlah di pagi hari. Salah satu alasannya karena ketika bangun dipagi hari tubuh pasti mengalami kekurangan cairan karena tidur dalam waktu yang lama.  Bukan hanya itu, air lemon perlu juga dikonsumsi bila Anda setelah makan. Air lemon yang dikonsumsi setelah makan bisa mencegah mulut kering, merangsang produksi air liur, dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga bau mulut bisa dihindari.

Selain mengonsumsi air lemon untuk menjaga kesehatan, Anda perlu juga melindungi diri dengan membeli asuransi kesehatan. Salah satu asuransi kesehatan yang bisa dipilih, yakni Zurich Principle Care

Manfaat yang bisa Anda rasakan adalah memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati layanan mengajukan klaim sampai maksimum 3 (tiga) kali atas Penyakit Kritis yang tidak berhubungan dan bukan komplikasi Penyakit Kritis sebelumnya, dengan Manfaat Asuransi hingga 175% dari nilai Uang Pertanggungan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait asuransi yang dimiliki Zurich, bisa cari tahu di sini.