• Protect the environment. Think before you print.

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Umroh, Apa Saja?

09 Desember 2019

Beberapa hal yang Anda siapkan untuk umroh pertama kali yakni antara lain sebagai berikut:

persiapan umroh pertama kali

Salah satu kegiatan Ibadah yang ditunggu-tunggu umat muslim adalah naik haji. Hukum ibadah naik haji adalah fardhu ain yang berarti wajib dilakukan jika memenuhi syarat wajib haji. Haji juga merupakan rukun wajib islam yang kelima. Namun, tidak semua orang mampu untuk melaksanakan haji. Pasalnya, haji hanya bisa dilakukan di bulan-bulan haji yaitu pada bulan Syawal hingga Dzulhijjah, sedangkan umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun.

Jika Anda ingin pergi melaksanakan kegiatan Ibadah umroh sendiri atau bersama keluarga, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui dan siapkan agar kegiatan Ibadah Anda bisa maksimal. Beberapa hal yang Anda siapkan untuk umroh pertama kali yakni:

Pemilihan Waktu yang Tepat

Berbeda dengan haji, umroh bisa dilakukan kapan saja. Oleh karena itu, tips persiapan umroh yang pertama adalah sebaiknya Anda memilih waktu umroh yang tepat agar ibadah Anda dan keluarga bisa maksimal. Anda bisa memilih umroh saat sedang bulan Ramadan agar lebih fokus Ibadahnya. Terlebih, Anda juga bisa memilih umroh saat musim dingin di Arab Saudi yakni antara bulan November hingga Desember, untuk mendapat cuaca yang lebih sejuk. 

Mempersiapkan Fisik

Tips persiapan umroh yang berikutnya adalah mempersiapkan fisik Anda. Pasalnya, terdapat perbedaan cuaca yang cukup ekstrim antara Arab Saudi dan Indonesia. Anda bisa mempersiapkan stamina tubuh beberapa bulan sebelum keberangkatan dengan olahraga secara rutin agar badan tetap fit. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan asupan gizi dan minum multivitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Mempersiapkan Pakaian yang Dibutuhkan

Persiapan umroh selanjutnya adalah dengan membawa baju ihram cadangan dan pakaian lain. Ketika baju ihram Anda kotor atau basah terkena air, Anda masih memiliki cadangan. Lebih lanjut, jangan lupa untuk tetap membawa jenis pakaian lain saat sedang mengunjungi tanah suci. Seperti jaket tebal, syal, masker, dan kaca mata hitam.

Membawa Obat

Selain 3 tips persiapan umroh di atas, Anda juga harus menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan ketika sakit datang. Anda bisa membawa obat-obatan ringan seperti obat flu, obat maag, obat diare serta multivitamin. Bagi Anda yang memiliki penyakit serius, jangan lupa untuk membawa obat-obatan tersebut untuk berjaga-jaga.

Membawa Peralatan Pribadi

Sebagian orang terkadang suka lupa untuk membawa peralatan pribadi ketika sedang menjalankan ibadah umroh, padahal peralatan pribadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian. Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi seperti, peralatan mandi, pembalut, payung, mukena, charger hingga peralatan wajah.

Membawa atau Menyewa Kursi Roda

Jika Anda pergi umroh dengan orang tua yang sudah memasuki usia lansia, sebaiknya Anda mempersiapkan kursi roda dengan membawa atau menyewa dengan agen travel. Kegiatan umroh dan naik haji memerlukan energi yang besar, hal ini tentu akan membuat lansia kehabisan tenaga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan kursi roda untuk orang tua atau keluarga Anda. Terlebih, di Arab Saudi sudah terdapat jalur khusus lansia dan kursi roda yang nyaman untuk dilewati.

Itulah 6 hal yang wajib Anda ketahui dan siapkan jika ingin melaksanakan Ibadah Haji. Untuk melindungi keluarga ketika sedang beribadah umroh, ada baiknya Anda membeli produk Asuransi yang terpercaya dan memiliki banyak manfaat seperti Asuransi Zurich Umrah dan Haji.

Zurich Umrah dan Haji adalah Sebuah Produk Asuransi Perjalanan yang Memberikan Perlindungan bagi Anda Selama Menunaikan Ibadah Umrah dan Haji. Produk Ini Hanya Berlaku untuk Grup dengan Minimum Jumlah Peserta 10 orang. Batas Usia Peserta untuk Produk ini adalah 1-80 Tahun.