Simak 5 Tips Diet Sehat yang Bisa Anda Lakukan untuk Turunkan Berat Badan

10 Desember 2019

Untuk diet sendiri, ada beragam tips yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Penasaran dengan tips diet sehat yang dapat dilakukan sendiri di rumah?

tips diet sehat

Punya masalah dengan berat badan? Atau ingin mendapatkan tubuh yang sehat? Pertanyaan seperti ini bisa ditemukan jawabannya dengan memulai program diet dalam jangka waktu tertentu. Untuk diet sendiri, ada beragam tips yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah.
Yang jelas, Anda harus selalu konsisten dengan komitmen diet yang telah dibuat. Penasaran dengan tips diet sehat yang dapat dilakukan sendiri di rumah?

Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini!

Selalu Sarapan

Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai proses penurunan berat badan yakni tidak melewatkan waktu sarapan. Dengan sarapan secara rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat akan berkurang. Selain itu, rasa lapar di siang hari juga tidak akan terasa. 

Minum Air Putih Sebelum Makan

Siapa sangka bahwa minum air putih sebelum makan merupakan tips diet untuk pemula? Hal ini disebabkan oleh rasa cepat kenyang yang ditimbulkan saat minum sehingga kemauan untuk melahap semua makanan dalam jumlah banyak pun akan berkurang.

Satu hal yang perlu dicatat bahwa rasa haus sering kali diartikan oleh otak kita sebagai rasa lapar. Karenanya, saat Anda mulai lapar, tidak ada salahnya untuk mengatasi kondisi tersebut dengan minum air putih.

Makan Dalam Porsi Kecil dan Perlahan

Sebelum menikmati sebuah makanan, sebaiknya mengganti piring dengan mangkuk yang lebih kecil. Jika tubuh dibiasakan makan dengan porsi yang sedikit, maka jumlah asupan kalori ke dalam tubuh pun akan berkurang sehingga proses diet Anda pun bisa berjalan lancar.
Tidak hanya itu, jadikanlah aktivitas makan secara perlahan menjadi kebiasaan. Hal ini bertujuan untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sebelum Anda menghabiskan banyak makanan.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Dalam menjalani program penurunan berat badan, Anda tidak harus selalu melakukan diet tanpa nasi dan tidak perlu menghindari makanan yang Anda sukai. Anda hanya perlu membatasi konsumsi makanan tersebut.
Yang paling penting adalah mengonsumsi makanan yang tepat berupa makanan berprotein dan berserat. Beberapa contoh makanan tersebut antara lain putih telur, daging tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan.

Tidur yang Cukup dan Selalu Berolahraga

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup dan aktif berolahraga. Kedua hal ini tetap dibutuhkan tubuh selama proses diet. Kurang tidur justru meningkatkan nafsu makan, sedangkan kurang bergerak akan menyebabkan tubuh kelebihan kalori yang berakhir pada kegemukan.
Demikian tadi beberapa tips diet sehat yang bisa Anda lakukan dalam membantu menurunkan berat badan. Selain rutin menjaga berat badan agar tetap seimbang, Anda juga perlu menyiapkan asuransi kesehatan sebagai perlindungan dari risiko gangguan kesehatan yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Salah satu asuransi kesehatan terbaik yang dapat dipilih yaitu Zurich Pro-Care yang merupakan solusi perlindungan kesehatan yang dapat membantu Anda mengantisipasi biaya perawatan medis.  Ada beragam keunggulan yang ditawarkan oleh Zurich Pro-Care, di antaranya yakni perlindungan komprehensif yang menyediakan 4 pilihan plan dengan total limit tahunan sebesar Rp2 Miliar hingga Rp15 Miliar, jaminan penggantian biaya medis Anda di seluruh dunia, layanan opini medis kedua, layanan medis Pramutamu (Medical Concierge), pemeriksaan kesehatan tahunan, serta tersedianya pilihan manfaat tambahan yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis. Dengan begini, Anda pun tidak perlu khawatir jika gangguan kesehatan tiba-tiba melanda.