Tidak Sesulit Itu, Lakukan Tips Ini Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

12 Februari 2020

Anda bisa membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan dengan mengikut beberapa tips berikut ini.

Tidak Sesulit Itu Lakukan Tips Ini Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Salah satu harapan dari para orang tua, khususnya ibu, adalah memiliki anak yang cerdas. Bahkan sejak sebelum kehamilan terjadi, orang tua sudah mulai mencari berbagai tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan. Kecerdasan anak memang bisa dirangsang sejak dalam kandungan, karena otak manusia sendiri sudah mulai berkembang sejak usia kehamilan memasuki minggu ketiga. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan berikut pada usia awal kehamilan hingga anak mencapai usia 2 tahun.

Mulai Stimulasi Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Untuk membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan, Anda bisa mulai rajin mengobrol dengan si Kecil sambil mengelus-elus perut. Bicaralah tentang banyak hal, seperti perasaan Anda atau aktivitas yang dilakukan hari itu. Jangan lupa sampaikan jika Anda menyayanginya, bahkan sebelum ia lahir.

Membacakan buku cerita atau memperdengarkan musik lembut pada sang buah hati juga bisa Anda lakukan, untuk membantu stimulasi otak si Kecil ketika masih di dalam kandungan.

Rutin Berolahraga

Manfaat olahraga rutin yang dilakukan oleh ibu hamil bukan hanya membuat tubuh Anda makin sehat, tapi juga meminimalisir berbagai risiko penyakit, misalnya diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Olahraga yang rutin dilakukan ibu hamil juga bisa membuat bayi cerdas ketika lahir. Beberapa jenis olahraga yang bisa

Anda lakukan antara lain, jalan-jalan, jogging, yoga, senam, dan berenang.

Hal yang perlu diingat dalam melakukan olahraga saat sedang hamil, adalah menyesuaikan intensitas dan durasi aktivitas fisik dengan keadaan ibu. Jangan lupa juga, untuk berkonsultasi terlebih dulu pada dokter kandungan Anda, ya.

Konsumsi Makanan Bergizi

Bayi cerdas sejak dalam kandungan juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Selalu ingat jika makanan dan minuman yang diasup oleh ibu, akan diterima juga oleh bayi dalam kandungan, dan tidak berarti porsinya harus dobel. Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang dengan takaran yang tepat setiap hari.

Beberapa kandungan dalam makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan, yakni:

1. Zat besi, untuk bisa mempercepat komunikasi antar saraf yang ada di otak. Beberapa makanan yang mengandung zat besi, adalah daging dan telur.

2. Asam folat. Asam folat bisa diperoleh dari sayuran-sayuran hijau. Asam folat sendiri berperan dalam pembentukan awal otak dan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan.

3. Lemak. Sebenarnya lemak tidak selalu buruk untuk kesehatan. Ibu hamil sendiri memerlukan lemak, khususnya omega-3 (EPA dan DHA), karena sudah dikenal mampu membantu pembentukan otak janin. Dapatkan dengan cara mengonsumsi makanan seperti kerang, kepiting, ikan makarel, kembung, salmon, dan tuna.
4. Konsumsi karbohidrat yang cukup. Kelebihan karbohidrat malah memicu naiknya berat badan ibu hamil.

5. Iodin merupakan elemen penting yang perlu dicukupi sejak trimester pertama kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan iodin, berisiko merusak tingkat IQ bayi dan mengurangi fungsi kognisi yang dimilikinya. Iodin bisa didapatkan dari mengonsumsi seperti ikan, rumput laut, garam beryodium, dan udang

6. Makanan yang mengandung protein seperti daging ayam, sapi, ikan, telur, tempe dan tahu yang mampu mendukung terbentuknya organ dan jaringan pada tubuh bayi, termasuk otak.

Selain melakukan tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan, jangan sampai lupa untuk rutin mengontrol kondisi kesehatan Anda dan janin, di dokter kandungan. Selain itu, perlu juga memproteksi diri dengan Zurich Pro-Care, yang memberikan solusi perlindungan kesehatan sekaligus mengantisipasi biaya perawatan medis yang muncul selama masa kehamilan.

Beberapa keunggulan Zurich Pro-Care, yakni jaminan penggantian biaya medis di seluruh dunia, secara komprehensif memberikan 4 pilihan plan dengan total limit tahunan sebesar Rp2 miliar – 15 miliar, layanan medis pramutamu (medical concierge), layanan opini medis kedua, pemeriksaan kesehatan tahunan, dan tersedia juga pilihan manfaat tambahan yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis. Cari tahu lebih banyak tentang produk asuransi Zurich Pro-Care lebih detail maupun asuransi Zurich lainnya yang #MudahkanHidup, di sini.