• Protect the environment. Think before you print.

5 Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Dikenali; Jangan Sampai Terlambat!

19 Februari 2020

Gejala penyakit jantung tidak hanya mengalami sakit di dada saja. Masih ada 5 gejala lainnya yang sering jarang dikenali.

5 Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Dikenali
Jika berbicara soal penyakit jantung, ada beberapa jenis yang umum diketahui, di antaranya gagal jantung, jantung coroner dan serangan jantung. Masing-masing penyakit jantung tersebut memiliki gejala yang mirip. Salah satu gejala yang sering dialami, yakni nyeri dada.
 
Bukan hanya itu saja, masih ada gejala penyakit jantung lainnya yang tidak dikenali dan diabaikan oleh pengidapnya. Berikut informasinya.
 
Kelelahan Secara Terus Menerus
 
Banyak orang menganggap rasa lelah yang dialami secara terus-menerus adalah wajar. Padahal kondisi ini bisa saja mengindikasikan gejala penyakit jantung yang biasanya merujuk pada penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Jika Anda termasuk yang sering mengalami hal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti sumber penyakitnya.
 
Kaki Mengalami Pembengkakan
 
Gejala penyakit jantung berikutnya, yakni kaki bengkak. Kondisi ini disebabkan oleh jantung yang tidak mampu memompa darah dengan normal, sehingga darah jadi menumpuk di pembuluh darah kaki yang kemudian mengalami pembengkakan. Selain itu, adanya cairan dan sodium yang berlebih pada tubuh juga memicu kaki bengkak pada pengidap sakit jantung.
 
Keringat Dingin, Mual, dan Pusing 
 
Ada juga pengidap penyakit jantung yang merasakan keringat dingin dan mual. Hal ini disebabkan pengidap sakit jantung juga mengalami kekurangan oksigen, atau iskemia. Kondisi ini membuat pembuluh darah menyempit dan Anda berkeringat secara berlebihan. Keadaan iskemia juga dapat menimbulkan gejala mual hingga muntah.
 
Adanya kelainan pada salah satu bagian membuat jantung tidak mampu memompa darah yang mengandung nutrisi dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Akibatnya, muncul sakit kepala berkelanjutan.  Inilah sebabnya pusing secara terus menerus juga bisa menandakan Anda memiliki penyakit jantung.
 
Bagian Atas Tubuh Terasa Nyeri
 
Gejala penyakit jantung lainnya adalah rasa nyeri pada bagian atas tubuh misalnya tenggorokan, rahang, bahu, leher, lengan, dan punggung. Bahkan ada sebagian anggota tubuh yang terasa sangat berat atau tidak bisa digerakkan seperti biasanya.
 
Napas Sering Terengah-Engah
 
Jika napas Anda sering terengah-engah saat hanya melakukan akitivitas normal, ada kemungkinan hal tersebut merupakan gejala dari penyakit jantung. Kondisi ini masih tergolong wajar jika napas Anda kembang kempis sehabis melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan atau menggunakan banyak tenaga, misalnya olahraga atau mengangkat benda yang berat.
 
Itulah beberapa gejala penyakit jantung yang sebaiknya Anda ketahui. Tentunya Anda perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan Anda. Konsumsilah makanan dan minuman sehat, rutin berolahraga, tidur cukup, hindari stres, berpikir positif, tidak merokok, dan hindari mengonsumsi alkohol.
 
Mengingat penyakit jantung tergolong ke dalam penyakit yang bisa menyerang diam-diam dan termasuk penyakit kritis, tentunya Anda juga perlu melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang mampu melengkapi kebutuhan medis di manapun Anda berada, baik di dalam maupun luar negeri, seperti pada Zurich Critical Advantage.
 
Selain memiliki fasilitas kesehatan dan pengobatan komprehensif, produk andalan Zurich ini juga punya beberapa manfaat lain, yakni fasilitas cashless dan manfaat perawatan maksimal dimulai dari pengaturan keberangkatan ke luar negeri, perawatan medis di luar negeri hingga kembali ke Indonesia, dengan total manfaat hingga USD 2 juta selama masa asuransi berjalan.