5 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Polusi Udara di Jakarta

13 Agustus 2019

Kualitas udara di Jakarta belakangan ini menjadi perhatian banyak orang. Polusi udara Jakarta dapat berdampak buruk pada kesehatan. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di Jakarta?

polusi jakarta

Kualitas udara di Jakarta belakangan ini menjadi perhatian banyak orang. Buruknya kualitas udara ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari jumlah kendaraan yang semakin hari semakin bertambah, aktivitas industri, debu jalanan, pembuangan sampah rumah tangga, serta pekerjaan konstruksi bangunan.

Polusi udara Jakarta dapat berdampak buruk pada kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan polusi udara yang terdiri dari karbon monoksida, nitrogen dioksida, partikel padat dan cair, timbal, hingga sulfur dioksida.

Semua senyawa ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, kanker paru-paru, penyakit jantung, kelahiran prematur, hingga stroke. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di Jakarta? Yuk, cek 5 daftarnya di bawah ini!

Meminimalisir Penggunaan Kendaraan Pribadi

Langkah pertama yang dapat ditempuh untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta adalah dengan meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi. Pasalnya, situasi ini terjadi karena banyaknya asap pembuangan yang dihasilkan oleh kendaraan, baik mobil atau motor.

Merawat Mesin Kendaraan Secara Rutin

Siapa sangka bahwa mesin kendaraan yang tidak terawat dapat memicu munculnya asap berlebih pada kendaraan? Kendaraan yang tidak dirawat secara rutin dan berkala lebih berisiko mencemari udara di sekelilingnya. Hal ini disebabkan oleh mesinnya yang bermasalah serta oli yang tidak pernah diganti. Oleh karena itu, selalu jadwalkan perawatan mobil setiap waktunya.

Menggunakan Transportasi Umum

Dibandingkan dengan memakai kendaraan pribadi untuk beraktivitas setiap hari, ada baiknya jika Anda beralih ke transportasi umum. Ibu kota negara Indonesia ini pun telah memiliki beragam pilihan transportasi umum mulai dari TransJakarta, kereta rel listrik (KRL), hingga Mass Rapid Transit (MRT) yang melintas dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Berjalan Kaki atau Bersepeda

Bagi Anda yang memiliki tempat tinggal dekat dari kantor atau ingin ke suatu tempat yang jaraknya dekat, tidak ada salahnya jika berjalan kaki atau bersepeda. Selain untuk mengurangi polusi Jakarta, kedua aktivitas fisik ini juga mampu membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, baik jalan kaki atau naik sepeda mampu menurunkan tingkat stres yang sering kali dialami oleh para pekerja kantoran.

Membuat Taman di Halaman Rumah

Salah satu cara untuk menekan pencemaran udara di Jakarta yaitu membuat taman di halaman rumah. Aktivitas ini akan membuat udara di sekitar rumah terasa lebih segar. Bagi Anda yang tidak mempunyai lahan yang luas, sistem berkebun dengan cara hidroponik pun bisa menjadi solusi.
Ketika semua orang melakukan hal ini di rumahnya, maka bukan tidak mungkin kualitas udara akan membaik dan setiap orang pun bisa beraktivitas dengan tenang di luar rumah.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi polusi Jakarta. Kualitas udara di Jakarta yang buruk ini bukan tidak mungkin menimbulkan beragam gangguan kesehatan. Beberapa dampak buruk dari situasi ini antara lain batuk, iritasi saluran pernapasan, penurunan fungsi paru-paru, sesak napas, hingga serangan jantung.

Maka dari itu, selain melakukan hal-hal di atas Anda juga perlu membeli produk asuransi jiwa. Salah satu perusahaan asuransi terkemuka yang menyediakan produk tersebut yakni Zurich Indonesia. Salah satu produknya adalah Zurich Proteksi 8, merupakan asuransi jiwa modern yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun tetapi juga pengembalian premi sebesar 108%. Dengan begini, Anda dan keluarga pun tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.