Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

12 Februari 2020

Tiap orang pasti memiliki berat badan ideal-nya. Untuk mengetahuinya berikut cara menghitung berat badan ideal yang bisa diikuti.

Jangan Sampai Salah Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

Bentuk tubuh ideal merupakan impian hampir semua orang. Namun satu hal yang perlu dipahami, bentuk tubuh ideal berbeda dengan berat badan ideal. Bentuk tubuh ideal lebih kepada selera atau preferensi pribadi sehingga cenderung subjektif dan berbeda bagi setiap orang. Lain halnya dengan berat badan ideal yang mengukur massa lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang, agar dapat digolongkan sehat, kelebihan berat badan atau kekurangan. Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal, Anda sekaligus dapat memperkirakan faktor risiko gangguan kesehatan yang mungkin dialami. 

Ada berbagai cara menghitung berat badan ideal, di antaranya adalah Brocha dan Body Mass Index (BMI).

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca

Rumus Brosca ditemukan oleh Dr. Pierre Paul Broca pada 1871 dan dimasifkan oleh Dr. BJ Devine pada 1970an. Satu hal yang membedakan antara rumus Brosca dan BMI, rumus Brosca memberlakukan cara menghitung berat badan ideal yang berbeda untuk wanita dan pria.

Untuk wanita, rumus cara menghitung berat badan ideal yang bisa dipakai, yakni:
{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) - 100) x 15%}

Sementara untuk pria, cara menghitung berat badan ideal, rumus yang bisa dipakai adalah  menggunakan rumus;
{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 10%}

Sebagai contoh,

1. Wanita memiliki tinggi badan 155cm, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu, yakni
{155-100} – {(155-100) x 15%} = 55 – 8.25 = 46.75
Jadi, bisa dikatakan berat badan ideal wanita tersebut adalah 46.75kg.
2. Seorang pria memiliki tinggi badan 170, maka cara menghitung berat badan ideal pria tersebut yakni:
{170-100} – {(170-100) x 10%} = 70 – 7 = 63

Jadi, bisa dikatakan berat badan ideal pria tersebut adalah 63kg.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Body Mass Index (BMI)

BMI, atau Body Mass Index, dalam bahasa Indonesia disebut dengan Indeks Masa Tubuh (IMT). Ini merupakan cara menghitung berat badan ideal dewasa yang diperoleh dari penggabungan berat badan dan tinggi badan. Untuk mendapatkan hasilnya, nilai berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Metode cara menghitung berat badan ideal ini bisa dilakukan jika usia seseorang sudah mencapai 20 tahunan. Cara menghitung berat badan ideal dengan cara BMI, yaitu berat badan ideal = berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Contoh perhitungan jika berat badan Anda adalah 53kg dengan tinggi badan 1.60m. Coba kalikan tinggi badan dalam kuadrat terlebih dulu. 1.60m kuadrat = 2.56. Lalu masukkan dalam rumus, 53 : 2.56= 20.7, maka nilai BMI Anda sebesar 20.7.

Ada beberapa ketentuan perhitungan BMI, yaitu:
1. Angka BMI yang dikatakan normal adalah antara 18.5 sampai 25
2. Jika hasil perhitungan berada di bawah angka 17, tandanya tubuh Anda masuk kategori kekurangan berat badan
3. Bila angkanya di atas 25-29.9, artinya Anda memiliki berat badan sedikit berlebih (overweight)
4. Untuk yang di atas 30, artinya Anda kelebihan berat badan (obesitas)

Jika merujuk pada hasil contoh perhitungan berat badan di atas, yang menunjukkan angka 20.7, maka berat badan tersebut masih berada dalam ambang batas normal.

Bila Anda sudah berhasil mencapai berat badan ideal, jagalah dengan menerapkan gaya hidup sehat agar angka BMI tidak kembali naik atau turun. Selain itu, Anda juga harus memproteksi diri  dengan Asuransi kesehatan seperti Zurich Pro-Care yang merupakan solusi perlindungan kesehatan untuk membantu mengantisipasi biaya perawatan medis dari gangguan kesehatan yang mungkin muncul. Beberapa keunggulan Zurich Pro-Care, yakni adanya jaminan penggantian biaya medis anda di seluruh dunia, secara komprehensif memberikan 4 pilihan plan dengan total limit tahunan sebesar Rp2 miliar – 15 miliar, adanya layanan medis pramutamu (medical concierge), layanan opini medis kedua, pemeriksaan kesehatan tahunan, dan tersedia pilihan manfaat tambahan yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis.

Bagi Anda yang ingin melihat produk asuransi Zurich Pro-Care lebih detail maupun asuransi lainnya yang dimiliki Zurich, silakan cek di sini. Semoga cara menghitung berat badan ideal di atas dapat membantu Anda menjaga kesehatan dengan baik.