Dorong Penetrasi Asuransi Bagi 27 Ribu Mahasiswa UI, Zurich Indonesia dan UI Mobile Bawa Solusi Inovatif untuk Gen-Z
Jakarta, 30 Mei 2024 – Hari ini, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia dan PT Zurich Topas Life (Zurich Indonesia) mengumumkan kemitraannya dengan PT Universal Indonesia Mobile (UI Mobile), agar Zurich Indonesia dapat meningkatkan literasi dan inklusi asuransi melalui super app yang dikhususkan untuk kalangan civitas akademika Universitas Indonesia (UI).
Kemitraan ini menjangkau lebih dari 27.000 mahasiswa aktif, alumni, dosen, orang tua, serta staf universitas yang berada dalam ekosistem digital UI Mobile. Kolaborasi ini bertujuan mendorong kesadaran dan akses terhadap asuransi umum konvensional, asuransi umum syariah serta asuransi jiwa di kalangan akademisi.
Country Manager Zurich Indonesia, Edhi Tjahja Negara, mengungkapkan, "Selama ini, proteksi asuransi masih belum lazim dilihat sebagai prioritas di kalangan muda, padahal kebiasaan memproteksi diri justru harus dimulai dari usia muda. Kolaborasi ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan asuransi yang lebih mudah dipahami dan diakses di lingkungan akademik, sehingga seluruh pihak yang terlibat dapat mengetahui berbagai manfaat asuransi dalam pengelolaan risiko tidak terduga dan perencanaan keuangan yang lebih baik.”
Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi dan inklusi pada sektor asuransi di Indonesia masih di bawah level Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang lain. Literasi pada sektor perasuransian berada pada level 31.7% sedangkan inklusi pada level 16.6%[1].
Sejalan dengan Zurich Indonesia, Direktur UI Mobile, Kurniawan Saktiaji, mengungkapkan, “Kerja sama ini merupakan langkah penting untuk memberikan pemahaman mengenai asuransi kepada kalangan muda dengan pendekatan yang sesuai dengan karakter mereka, mengingat mereka adalah generasi yang paling memahami teknologi. Kerja sama dengan Zurich Indonesia yang memasukkan elemen asuransi dalam keseharian para mahasiswa dan ekosistem UI Mobile lainnya menjadi langkah yang menarik. Kami optimis bahwa kerja sama ini dapat diterima dengan baik dan dimanfaatkan oleh kalangan civitas akademika UI.”
UI Mobile menawarkan berbagai layanan penting termasuk pengecekan nilai siswa, informasi kegiatan belajar mengajar, informasi kegiatan mahasiwa/i, fitur e-wallet, pembayaran biaya kuliah, dan berbagai fitur lifestyle, termasuk pembelian tiket perjalanan. Melalui kolaborasi Zurich Indonesia dan UI Mobile, berbagai informasi perlindungan asuransi juga dapat diakses melalui aplikasi ini, di antaranya asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, serta berbagai produk asuransi lainnya yang ditawarkan secara terpisah.
“Kami bangga bisa bekerja sama dengan UI Mobile dan kolaborasi strategis ini merupakan wujud dari komitmen Zurich Indonesia untuk meningkatkan kesadaran dan akses terhadap asuransi bagi masyarakat yang lebih luas guna menciptakan masa depan yang lebih cerah bersama”, tutup Edhi.
Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
[1] Roadmap Pengembangan Perasuransian Indonesia 2023-2027. [Link unduh].