PJI Company of the Year 2025: 12 Perusahaan Siswa Inovatif Siap Bersaing Tampilkan Solusi Bisnis Hijau dan Berkelanjutan
Jakarta, 21 Juni 2025 — Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, dan Starbucks Indonesia, kembali menggelar ajang tahunan PJI Company of the Year Competition di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu, 21 Juni 2025. Kompetisi puncak ini menjadi panggung bagi 12 perusahaan siswa SMA dan SMK terbaik dari 16 kota/kabupaten di Indonesia untuk menampilkan inovasi bisnis berbasis keberlanjutan mereka, serta memperebutkan kesempatan mewakili Indonesia di ajang wirausaha tingkat Asia Pasifik di Seoul, Korea Selatan, tahun depan.
Sebelum berkompetisi, para pelajar telah memperoleh pengalaman praktis mendirikan dan mengelola perusahaan riil di sekolah mereka melalui Junior Achievement (JA) Company Program (Student Company). Tahun ini, program memperkenalkan pendekatan design thinking dan project management untuk memperkuat keterampilan berpikir kritis, kepemimpinan, serta kolaborasi.
Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto, mengungkapkan siswa perlu didorong untuk memaknai peran wirausaha sebagai agen perubahan sosial dan lingkungan. “Saat tantangan global makin kompleks, edukasi kewirausahaan harus lebih luas dari sekedar membuat produk atau menjalankan bisnis. Pola pikir bisnis siswa perlu dilatih untuk meghadirkan solusi yang mengedepankan tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dan kesiapan menghadapi dunia di masa depan,” ujarnya.
Selama 10 bulan program berjalan (Agustus 2024 – Juni 2025), 1.549 siswa dari 60 SMA dan SMK di seluruh Indonesia — mulai dari Medan, Jakarta, Yogyakarta, Makassar hingga Jayapura — telah berhasil mendirikan 60 bisnis riil. Total omzet yang dihasilkan secara kolektif mencapai Rp 525 juta.
Pada kompetisi tahun ini, inovasi bisnis siswa banyak menyoroti isu-isu penting seperti ekonomi sirkular, gaya hidup sehat, dan perubahan iklim. Beberapa di antaranya:
- Uptwone SC (SMAN 21 Jakarta): binder daur ulang dari limbah denim.
- Magnova SC (SMAN 3 Semarang): unpaper towel pengganti tisu sekali pakai dari serat bambu.
- Auterra SC (SMAN 4 Denpasar): pengharum ruangan berbahan limbah kopi dan kayu cendana.
- Youthmind SC (SMKN 11 Bandung): papan permainan edukasi kesehatan mental.
- Lituhayu SC (SMAN 3 Yogyakarta): sampo herbal dari ampas kopi & jahe untuk perawatan kulit sensitif.
Keberhasilan program Student Company tidak terlepas dari dukungan jangka panjang para mitra strategis: Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, dan Starbucks Indonesia, yang selama tiga tahun terakhir aktif berinvestasi membangun ekosistem pengembangan kewirausahaan muda yang berkelanjutan.
Country Manager Zurich Indonesia, Edhi Tjahja Negara, menegaskan komitmen Zurich Indonesia dalam menempatkan pemberdayaan generasi muda sebagai salah satu fokus utama program tanggung jawab sosialnya. “Bagi Zurich Indonesia, menciptakan masa depan yang lebih cerah berarti membekali generasi muda dengan keterampilan praktis, kepercayaan diri, dan pemikiran adaptif yang mereka butuhkan di dunia yang terus berubah. Lewat Zurich Entrepreneurship Program bersama PJI, kami ingin memastikan bahwa siswa tidak sekadar belajar menjalankan bisnis, tetapi juga memahami bagaimana membangun solusi yang berkelanjutan, tangguh, dan relevan bagi masyarakat,” ungkapnya.
Sementara itu, Chief Operating Officer Starbucks Indonesia, Liryawati, melihat bagaimana kreativitas dan kepedulian lingkungan para siswa sejalan dengan semangat global Starbucks dalam membangun bisnis yang ramah lingkungan dan berdampak sosial. “Melihat ide-ide berkelanjutan yang dihasilkan siswa Indonesia, kami optimisgenerasi muda mampu menjadi penggerak bisnis hijau masa depan,” tambahnya.
Dengan kombinasi pembelajaran praktis dan tantangan kompetitif, Student Company dan PJI Company of the Year Competition menjadi platform strategis dalam membangun ekosistem wirausaha yang membantu generasi muda untuk adaptif menghadapi dinamika perekonomian global. Selain mengasah keterampilan bisnis sejak dini, program ini juga mendorong siswa merancang solusi komersial yang relevan dengan isu lingkungan, keberlanjutan, dan teknologi. Dengan dukungan berkelanjutan dari berbagai mitra, ajang ini terus mencetak wirausaha muda yang siap membawa perubahan positif bagi masyarakat dan masa depan bangsa.
Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, PT Zurich Topas Life) berijin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
Tentang Prestasi Junior Indonesia
Prestasi Junior Indonesia (PJI; Yayasan Prestasi Junior Gemilang Indonesia) adalah anggota dari salah satu organisasi non-profit terbesar di dunia, Junior Achievement Worldwide, yang berdedikasi untuk membekali generasi muda mengenai pekerjaan dan kewirausahaan. Kami menciptakan jalan menuju kelayakan kerja, penciptaan lapangan kerja, dan kesuksesan finansial dengan memberikan pembelajaran berbasis pengalaman langsung yang fokus pada kewirausahaan, literasi keuangan, kesiapan kerja, keberlanjutan, STEM, ekonomi, kewarganegaraan, etika, dan lainnya. Memberikan manfaat kepada lebih dari 2 juta generasi muda (termasuk siswa, mahasiswa, orang muda di komunitas, dan pengusaha muda) sejak tahun 2011, Prestasi Junior Indonesia merupakan salah satu organisasi yang memiliki skala, pengalaman, dan jaringan untuk menempa masa depan yang lebih cerah bagi generasi inovator, wirausahawan, pengambil keputusan, dan pemimpin berikutnya di negara ini. Selama enam tahun terakhir, Prestasi Junior Indonesia bersama jaringan JA masuk dalam daftar 10 LSM paling berdampak di dunia (peringkat ke-5 pada tahun 2024) oleh thedotgood yang berbasis di Jenewa.
Informasi lebih lanjut dapat mengakses www.prestasijunior.org.
Tentang Zurich Indonesia
Zurich di Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi umum serta asuransi jiwa melalui PT Zurich Asuransi Indonesiaa Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life). ZAI menyediakan produk dan layanan asuransi umum konvensional. Zurich Syariah memberikan layanan asuransi umum berbasis syariah. Zurich Life menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif melalui jaringan distributor (agen dan mitra bank).
PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich Topas Life, dan PT Zurich General Takaful Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengakses:
Website: https://www.zurich.co.id | Instagram: @zurichid
Tentang Z Zurich Foundation
Z Zurich Foundation adalah yayasan amal berbasis di Swiss yang didirikan oleh anggota Zurich Insurance Group. Ini adalah sarana utama yang digunakan oleh Zurich Insurance Group untuk mewujudkan strategi investasi komunitas globalnya.
Kunjungi situs web Z Zurich Foundation untuk mempelajari lebih lanjut tentang kerja kami: https://zurich.foundation. Ikuti Z Zurich Foundation di LinkedIn, Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube.
Tentang Starbucks
Sejak 1971, Starbucks Coffee Company telah berkomitmen untuk mencari dan mengolah kopi arabika berkualitas tinggi secara etis. Saat ini, dengan gerainya yang berada di seluruh dunia, perusahaan ini adalah roaster utama dan peritel kopi spesial di dunia. Melalui komitmen teguh Starbucks terhadap keunggulan dan panduan prinsip Starbucks, kami menghadirkan Starbucks Experience yang unik untuk setiap pelanggan melalui setiap cangkir yang disajikan. Untuk berbagi pengalaman, silakan kunjungi gerai kami, secara online di Starbucks.com, ataupun melalui Starbucks Stories.